KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR
MATEMATIKA
SEKOLAH DASAR (SD)/MADRASAH IBTIDAIYAH (MI)
KELAS: I
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1.
Menerima dan
menjalankan ajaran agama yang dianutnya
|
|
2.
Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan
percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru
|
2.1 Menunjukkan perilaku patuh
pada aturan dalam melakukan penjumlahan dan pengurangan sesuai
prosedur/aturan dengan memperhatikan nilai tempat puluhan dan satuan
2.2 Menunjukkan perilaku teliti
dan perduli dengan menata benda-benda di sekitar ruang kelas berdasarkan
dimensi (bangun datar, bangun ruang), beratnya, atau urutan kelompok terkecil
sampai terbesar
2.3 Menunjukkan perilaku tertib
dan rapi saat berbaris berdasarkan urutan tinggi badan
2.4 Menunjukkan perilaku disiplin
tepat waktu dalam melakukan aktivitas di sekolah dengan memperhatikan
tanda-tanda saat jam belajar dan jam istirahat
|
3.
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat,
membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk
ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan
di sekolah
|
3.1 Mengenal bilangan asli sampai
99 dengan menggunakan benda-benda yang ada di sekitar rumah, sekolah, atau
tempat bermain
3.2 Mengenal bangun datar dan
bangun ruang menggunakan benda-benda yang ada di sekitar rumah, sekolah, atau
tempat bermain.
3.3 Membandingkan dengan
memperkirakan lama suatu aktivitas berlangsung menggunakan istilah
sehari-hari (lebih lama, lebih singkat)
3.4 Membandingkan dengan
memperkirakan berat suatu benda menggunakan istilah sehari-hari (lebih berat,
lebih ringan
3.5 Membandingkan dengan
memperkirakan panjang suatu benda menggunakan istilah sehari-hari (lebih
panjang, lebih pendek)
3.6 Mengenal dan memprediksi
pola-pola bilangan sederhana menggunakan gambar-gambar/benda konkrit
3.7 Menemukan bangun yang membentuk
pola pengubinan sederhana
3.8 Menentukan pola dari sebarisan
bangun datar sederhana menggunakan benda-benda yang ada di alam sekitar
3.9 Mengenal panjang, luas, massa,
kapasitas, waktu, dan suhu
3.10 Menunjukkan pemahaman tentang
besaran dengan menghitung maju sampai 100 dan mundur dari 20
3.11 Menentukan urutan berdasarkan
panjang pendeknya benda, tinggi rendahnya tinggi badan, dan urutan kelompok
berdasarkan jumlah anggotanya
3.12 Mengenal lambang bilangan dan
mendeskripsikan kemunculan bilangan
dengan bahasa yang sederhana
|
4
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis,
dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan
dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
|
4.1 Mengemukakan kembali dengan
kalimat sendiri dan memecahkan masalah yang berkaitan dengan penjumlahan dan
pengurangan terkait dengan aktivitas sehari-hari di rumah, sekolah, atau tempat
bermain serta memeriksa kebenarannya
4.2 Membentuk berbagai bangun
datar dengan menggunakan papan berpaku atau media lainnya
4.3 Menyatakan suatu bilangan asli
sebagai hasil penjumlahan atau pengurangan dua buah bilangan asli lainnya
dengan berbagai kemungkinan jawaban
4.4 Melakukan pengubinan dari bangun
datar sederhana tertentu
4.5 Membentuk dan menggambar
bangun baru dari bangun-bangun datar atau pola bangun datar yang sudah ada
4.6 Membaca dan mendeskripsikan
data pokok yang ditampilkan pada grafik konkrit dan piktograf
4.7 Mengumpulkan dan mengelola
data pokok kategorikal dan menampilkan data menggunakan grafik konkrit dan
piktograf tanpa menggunakan urutan label pada sumbu horizontal
4.8 Mengurai sebuah bilangan asli
sampai dengan 99 sebagai hasil penjumlahan atau pengurangan dua buah bilangan
asli lainnya dengan berbagai kemungkinan jawaban
4.9 Mengelompokkan teman sekelas
berdasarkan tinggi badannya
4.10 Mendeskripsikan,
mengembangkan, dan membuat pola yang berulang
4.11 Menggunakan benda konkrit
untuk menelusuri pecahan dan jumlah uang
|
KELAS: II
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1.
Menerima dan
menjalankan ajaran agama yang dianutnya
|
|
2.
Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan
percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
|
2.1 Menunjukkan perilaku patuh,
tertib dan mengikuti aturan dalam melakukan penjumlahan dan pengurangan
sesuai secara efektif dengan memperhatikan nilai tempat ratusan, puluhan dan
satuan
2.2 Menunjukkan perilaku peduli
pada orang lain dengan cara mengelola penggunaan uang saku untuk kepentingan
konsumsi, menabung dan beramal
2.3 Menunjukkan perilaku adil
dalam membagikan sejumlah benda kepada beberapa orang dalam menerapkan konsep
pembagian
2.4 Menunjukkan perilaku disiplin
tepat waktu dalam melakukan suatu aktivitas di sekolah dengan memperhatikan
alat ukur waktu
2.5 Menunjukkan perilaku rapi dan
teratur dalam menggambar dan menata benda-benda sesuai dengan pola-pola
perulangan geometri yang ditemui di dalam kelas, sekolah, atau lingkungan.
2.6 Menunjukkan perilaku cermat
dan jujur dalam mendata hasil pengukuran panjang atau berat suatu benda
|
3
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar,
melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya,
makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di
rumah dan di sekolah
|
3.1 Mengenal bilangan asli sampai
500 dengan menggunakan blok dienes (kubus satuan), pengelompokan dan
benda-benda di sekitar rumah, sekolah, atau tempat bermain
3.2 Mengenal operasi perkalian dan
pembagian pada bilangan asli yang
hasilnya kurang dari 100 melalui kegiatan eksplorasi menggunakan benda
konkrit
3.3 Mengenal nilai tukar antar
pecahan uang
3.4 Mengetahui ukuran lama waktu
di kehidupan sehari-hari di rumah, sekolah dan tempat bermain dengan
menggunakan satuan waktu
3.5 Mengetahui ukuran panjang dan
berat benda, jarak suatu tempat di kehidupan sehari-hari di rumah, sekolah
dan tempat bermain mengunakan satuan tidak baku dan satuan baku
3.6 Menentukan nilai terkecil dan
terbesar dari hasil pengukuran panjang atau berat yang disajikan dalam bentuk
tabel sederhana
3.7 Menunjukkan pemahaman tentang
konsep tentang kesamaan antara sepasang ekspresi, menggunakan benda konkrit,
simbol, dan penambahan dan pengurangan hingga 18
3.8 Mengidentifikasi unsur-unsur
yang membentuk segi tiga, segi empat dan segi enam beraturan
3.9 Mengenal bangun datar dan
bangun ruang, serta memilahkan dan mengelompokkan berdasarkan sifat
geometrisnya
3.10 Mengenal ruas garis dan garis
lurus
|
4
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis,
dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan
dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
|
4.1 Memecahkan masalah secara
efektif dari masalah yang berkaitan dengan penjumlahan, pengurangan,
perkalian, pembagian, waktu, panjang, berat benda dan uang terkait dengan
aktivitas sehari-hari di rumah, sekolah, atau tempat bermain dan memeriksa
kebenarannya
4.2 Mengurai unsur-unsur bangun
ruang sederhana dari benda-benda di sekitar
4.3 Menggunakan strategi menaksir
dalam melakukan perhitungan dan memecahkan masalah yang menggunakan satuan,
puluhan, dan ratusan
4.4 Mengurai sebuah bilangan asli
sampai dengan 500 sebagai hasil penjumlahan, pengurangan, perkalian atau
pembagian dua buah bilangan asli lainnya dengan berbagai kemungkinan jawaban
4.5 Mendemostrasikan berbagai penukaran
uang di depan kelas dengan berbagai kemungkinan jawaban
4.6 Menceritakan lokasi objek yang
berkaitan dan representasi objek pada sebuah peta
4.7 Merepresentasikan,
mengembangkan, dan membuat pola yang berulang, serta menemukan pola dasar
4.8 Memprediksi pola-pola bilangan
sederhana menggunakan bilangan-bilangan yang kurang dari 100
4.9 Mengumpulkan dan memilah data
kategorikal atau diskrit dan menampilkan data menggunakan grafik konkrit dan
piktograf
4.10 Membaca dan mendeskripsikan
data yang ditampilkan pada grafik konkrit dan piktograf
4.11 Membuat tabel sederhana hasil
pengukuran panjang atau berat
|
KELAS: III
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1.
Menerima
dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
|
|
2.
Memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, tetangga, dan guru
|
2.1
Menunjukkan perilaku patuh, tertib
dan mengikuti aturan dalam melakukan penjumlahan dan pengurangan, perkalian
dan pembagian bilangan asli, bilangan bulat dan pecahan dengan memperhatikan
nilai tempat ribuan, ratusan, puluhan dan satuan
2.2
Menunjukkan perilaku teliti dan rapi
dengan menata benda-benda di sekitar dengan cara melipat rapi dengan
memperhatikan simetri lipatnya
2.3
Menunjukkan perilaku adil dalam
membagikan satu potong atau beberapa potong kue, buah dan sejenisnya kepada
sejumlah orang dalam menerapkan konsep pecahan
2.4
Menunjukkan perilaku disiplin dan
tepat waktu datang ke sekolah dengan memperhatikan alat ukur waktu
2.5
Menunjukkan perilaku cermat dan
teliti dalam mentabulasi hasil pengukuran tinggi badan teman sekelas
|
3.
Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan
menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan
dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan
tempat bermain
|
3.1
Memahami sifat-sifat operasi hitung
bilangan asli melalui pengamatan pola penjumlahan dan perkalian
3.2
Memahami letak bilangan pada garis
bilangan
3.3
Memahami konsep pecahan sederhana
menggunakan benda-benda yang konkrit/gambar, serta menentukan nilai terkecil
dan terbesar
3.4
Menemukan sifat simetri bangun datar
(melalui kegiatan menggunting dan melipat atau cara lainnya), simetri putar
dan pencerminan menggunakan benda-benda konkrit
3.5
Menemukan unsur dan sifat bangun datar
sederhana berdasarkan pengamatan
3.6
Mengetahui perbandingan data
menggunakan tabel, grafik batang, dan grafik kue serabi
3.7
Mengenal hubungan antar satuan waktu,
antar satuan panjang, dan antar satuan berat yang biasa digunakan dalam
kehidupan sehari-hari
3.8
Menentukan strategi pemecahan masalah
dengan mengurangi, menambah, dan menukarkan sejumlah uang
3.9
Memahami keliling segitiga dan
persegi panjang menggunakan benda konkrit (benang, tali, batang korek api,
lidi dan berbagi benda yang dapat digunakan sebagai satu satuan luas)
3.10
Mengenal dan membandingkan besar
sudut bangun datar tanpa satuan baku
3.11
Menunjukkan pemahaman tentang konsep
persamaan antara pasangan ekspresi, menggunakan penambahan dan pengurangan
bilangan sampai dua angka
3.12
Mendeksripsikan hubungan antara dua
bangun datar dan antara bangun ruang dan bangun datar
3.13
Mengenal pecahan dan bilangan
desimal, serta dapat melakukan penambahan dan pengurangan pecahan berpenyebut
sama
3.14
Memahami penghitungan waktu
berdasarkan data sehari-hari
|
4.
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang
jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak
beriman dan berakhlak mulia
|
4.1
Menyelesaikan masalah yang berkaitan
dengan penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, bilangan bulat, waktu,
panjang, berat benda dan uang terkait dengan aktivitas sehari-hari di rumah,
sekolah, atau tempat bermain dan memeriksa kebenarannya serta menyatakan
kalimat matematikanya dan mengemukakan dengan kalimat sendiri
4.2
Menunjukkan hasil rotasi dan
pencerminan suatu bangun datar dengan menggunakan gambar
4.3
Menggambar berbagai bangun datar dengan
keliling atau luas yang sama
4.4
Menaksir panjang, luas, dan berat
suatu benda dan memilih satuan baku yang sesuai
4.5
Membentuk dan menggambar berbagai
bangun datar yang diperoleh melalui kegiatan melipat dan menggunting atau
cara lainnya
4.6
Mengumpulkan, mencatat, menata, dan
menampilkan data menggunakan tabel dan grafik batang
4.7
Membuat tabel frekuensi sederhana
berdasarkan tabulasi hasil pengukuran tinggi badan teman sekelas
4.8
Menyajikan pemecahan masalah yang
terkait dengan penukaran nilai uang
4.9
Memperkirakan dan mengukur panjang,
keliling, luas, kapasitas, massa, waktu, dan suhu menggunakan satuan baku dan
tidak baku
4.10
Mendeskripsikan, mengembangkan, dan
membuat pola dari berbagai pola numerik dan pola geometris
4.11
Membaca, mendeskripsikan, dan
menginterpretasikan data pokok yang ditampilkan pada bagan dan grafik,
termasuk grafik batang vertikal dan horizontal
4.12
Mengumpulkan dan menata data
kategorikal atau diskrit dan menampilkan data menggunakan bagan dan grafik,
termasuk grafik batang vertikal dan horisontal dengan label terurut sesuai
dengan grafik batang horizontal
4.13
Mengurai sebuah bilangan bulat
sebagai hasil penjumlahan atau pengurangan
dua buah bilangan bulat lainnya dengan berbagai kemungkinan jawaban
4.14
Membuat dan mengambar berbagai bangun
datar dengan kelililing atau luas yang telah ditentukan
4.15
Menghasilkan berbagai bangun datar
yang diperoleh melalui kegiatan melipat dan menggunting atau cara lainnya
|
KELAS: IV
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1.
Menerima, menghargai,
dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
|
|
2.
Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan
percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, tetangga, dan guru
|
2.1 Menunjukkan perilaku patuh,
tertib dan mengikuti prosedur dalam melakukan operasi hitung campuran
2.2 Menunjukkan perilaku cermat
dan teliti dalam melakukan tabulasi pengukuran panjang daun-daun atau
benda-benda lain menggunakan pembulatan (dinyatakan dalam cm terdekat
2.3 Menunjukkan perilaku adil
dalam membagi suatu benda kepada teman sekelompok dengan rata-rata jumlah
yang sama
2.4 Menunjukkan perilaku disiplin
dan teratur dalam membuat dan mengikuti suatu jadwal kegiatan yang berulang dan
efektif menggunakan prinsip KPK dalam kalender
2.5 Menjalankan tugas dengan penuh
tanggungjawab menjaga kerapian dan kebersihan kelas berdasarkan jadwal
berulang yang tepat menggunakan prinsip KPK dalam kalender (misal jadwal
piket, Pramuka dll)
2.6 Menunjukkan perilaku peduli
dengan cara memanfaatkan barang-barang bekas yang ada di sekitar rumah
sekolah atau tempat bermain untuk membuat benda-benda berbentuk kubus dan
balok bangun berdasarkan jaring-jaring bangun ruang yang ditemukan
|
3.
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar,
melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya,
makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di
rumah, sekolah, dan tempat bermain
|
3.1 Mengenal konsep pecahan
senilai dan melakukan operasi hitung pecahan menggunakan benda
kongkrit/gambar
3.2 Menerapkan penaksiran dalam
melakukan penjumlahan, perkalian, pengurangan dan pembagian untuk
memperkirakan hasil perhitungan
3.3 Memahami aturan pembulatan
dalam membaca hasil pengukuran dengan alat ukur
3.4 Memahami faktor dan kelipatan
bilangan serta bilangan prima
3.5 Menemukan bangun segibanyak
beraturan maupun tak beraturan yang membentuk pola pengubinan melalui
pengamatan
3.6 Mengenal sudut siku-siku
melalui pengamatan dan membandingkannya dengan sudut yang berbeda
3.7 Menentukan kelipatan
persekutuan dua buah bilangan dan menentukan kelipatan persekutuan terkecil
(KPK)
3.8 Menentukan faktor persekutuan
dua buah bilangan dan faktor persekutuan terbesar (FPB)
3.9 Memahami luas segitiga,
persegi panjang, dan persegi
3.10 Menentukan hubungan antara
satuan dan atribut pengukuran termasuk luas dan keliling persegi panjang
3.11 Menunjukkan pemahaman
persamaan antara sepasang ekspresi menggunakan penambahan, pengurangan, dan
perkalian
3.12 Mengenal sifat dari garis parallel
3.13 Memahami pecahan senilai dan
operasi hitung pecahan menggunakan benda kongkrit/gambar
3.14 Memahami penambahan dan
pengurangan bilangan decimal
3.15 Menentukan nilai terkecil dan
terbesar dari hasil pengukuran panjang atau berat berdasarkan pembulatan yang
disajikan dalam bentuk tabel sederhana
3.16 Memahami pola penjumlahan dan pengurangan
bilangan bulat dengan menggunakan hal-hal yang konkrit dan garis bilangan
3.17 Memahami konsep bilangan
negatif menggunakan hal-hal yang konkrit dan garis bilangan
|
4.
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan
sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak
sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan
berakhlak mulia
|
1.1 Mengemukakan kembali dengan
kalimat sendiri , menyatakan kalimat matematika dan memecahkan masalah dengan
efektif permasalahan yang berkaitan dengan KPK dan FPB, satuan kuantitas, desimal
dan persen terkait dengan aktivitas sehari-hari di rumah, sekolah, atau
tempat bermain serta memeriksa
kebenarannya
1.2 Melakukan pengubinan
menggunakan segibanyak beraturan tertentu
1.3 Menyatakan pecahan ke bentuk desimal
dan persen
1.4 Mengurai dan menyusun kembali
jaring-jaring bangun ruang sederhana
1.5 Membentuk jaring-jaring bangun
ruang yang berbeda dengan jaring bangun ruang yang sudah ada
1.6 Membuat benda-benda
berdasarkan jaring-jaring bangun ruang yang ditemukan dengan memanfaatkan
barang-barang bekas yang ada di sekitar rumah sekolah atau tempat bermain
1.7 Menyatakan kesimpulan
berdasarkan data tabel atau grafik
1.8 Membuat peta posisi suatu tempat/benda
tanpa menggunakan skala dengan memperhatikan arah mata angin
1.9 Mengumpulkan dan menata data
diskrit dan menampilkan data menggunakan bagan dan grafik termasuk grafik
batang ganda, diagram garis, dan diagram lingkaran
1.10 Mengembangkan, dan membuat berbagai
pola numerik dan geometris
1.11 Membuat prediksi yang
berhubungan dengan pola dan menelusuri pola yang berulang dengan menggunakan
pencerminan dan rotasi
1.12 Mengurai dan menyusun kembali
jaring-jaring bangun ruang sederhana
1.13 Mengurai sebuah pecahan
menjadi sebagai hasil penjumlahan atau pengurangan dua buah pecahan lainnya
dengan berbagi kemungkinan jawaban
1.14 Menyajikan hasil pengukuran
panjang atau berat berdasarkan pembulatan yang disajikan dalam bentuk tabel
sederhana
1.15 Mengidentifikasi dan
mendeskripsikan lokasi objek menggunakan peta grid dan melalui percerminan
1.16 Merepresentasikan sudut lancip
dan sudut tumpul dalam bangun datar
1.17 Menggabung sudut bagian dalam
segitiga dan segi empat untuk menarik kesimpulan
|
KELAS: V
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1.
Menerima, menghargai,
dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
|
|
2.
Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli,
percaya diri, dan cinta tanah air dalam berinteraksi dengan keluarga, teman,
tetangga, dan guru
|
2.1 Menunjukkan perilaku patuh, tertib dan
mengikuti prosedur dalam mencari akar bilangan sederhana
2.2 Menghargai pendapat atau gagasan teman
tentang usulan memecahkan masalah, penyajian data atau pekerjaan matematika
lainnya
2.3 Menunjukkan perilaku adil dalam membuat
pola pergeseran tempat duduk secara bergiliran dengan menggunakan gambar
denah tempat duduk di kelas
2.4 Menunjukkan perilaku jujur, disiplin dan
bertanggung jawab dalam melakukan pengumpulan data, pengolahan data, dan
melaporkan hasil pengamatan
2.5 Menunjukkan perilaku jujur dalam
melaporkan hasil pengamatan/melakukan percobaan menemukan hubungan keliling,
luas dan diameter lingkaran dengan apa adanya.
2.6 Menunjukkan prilaku disiplin tepat waktu
dengan berdasar pada pengelolaan waktu untuk pergi ke tempat tertentu dengan
mempertimbangkan kondisi lalu lintas, jarak, dan kecepatan
2.7 Menunjukkan perilaku cermat dalam mendata
jarak dan waktu yang diperlukan oleh tiap teman sekelas dari rumah
masing-masing ke sekolah
2.8 Menunjukkan perilaku teliti dan cermat
dalam mengambil keputusan yang berkaitan dengan pengeluaran uang
|
3.
Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati dan
mencoba [mendengar, melihat, membaca] serta menanya berdasarkan rasa ingin
tahu secara kritis tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya,
dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
|
3.1 Mengenal konsep perpangkatan dan penarikan
akar bilangan pangkat dua dan bilangan pangkat tiga sederhana
3.2 Memahami berbagai bentuk pecahan (pecahan
biasa, campuran, desimal dan persen) dan dapat mengubah bilangan pecahan
menjadi bilangan desimal, serta melakukan perkailan dan pembagian
3.3 Mengenal konsep perbandingan dan skala
3.4 Mengenal dan menggambar denah letak benda
dan sistem koordinat
3.5 Menentukan hubungan antar satuan kuantitas
dalam kehidupan sehari-hari (rim, lusin, kodi)
3.6 Memahami arti rata-rata, median dan modus
dari sekumpulan data
3.7 Memilih prosedur pemecahan masalah dengan
menganalisis hubungan antar simbol, informasi yang relevan, dan mengamati
pola
3.8 Menemukan rumus keliling dan luas
lingkaran melalui suatu percobaan
3.9 Memahami berbagai bentuk pecahan (pecahan
biasa, campuran, desimal dan persen) dan dapat mengubah bilangan pecahan
menjadi bilangan desimal
3.10 Memahami konsep frekuensi relatif melalui
percobaan dan tabel
|
4.
Menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas
dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak
beriman dan berakhlak mulia.
|
1.1 Mengemukakan kembali dengan kalimat
sendiri, menyatakan kalimat matematika, dan memilih kalimat matematika yang
tepat dalam memecahkan masalah yang berkaitan dengan konsep perbandingan,
skala dan hubungan antar kuantitas yang terkait dengan aktivitas sehari-hari
di rumah, sekolah, atau tempat bermain serta memeriksa kebenarannya
1.2 Mencatat jarak dan waktu tempuh berbagai
benda yang bergerak ke dalam tabel untuk memahami konsep kecepatan sebagai
hasil bagi antara jarak dan waktu dan menggunakannya dalam penyelesaian
masalah
1.3 Mengumpulkan, menata, membandingkan, dan
menyajikan data cacahan dan ukuran menggunakan tabel, grafik batang
piktogram, dan diagram lingkaran (grafik kue serabi)
1.4 Melakukan percobaan dan melaporkan
hasilnya untuk menemukan keliling dan luas lingkaran serta menemukan rumus
keliling dan luas lingkaran
1.5 Menggunakan kubus satuan untuk menghitung
volume berbagai bangun ruang sederhana
1.6 Membuat kuesioner/lembar isian sederhana
untuk mendapatkan informasi tertentu
1.7 Menyatakan kesimpulan berdasarkan data
tabel atau grafik
1.8 Menggambar denah sederhana menggunakan
skala, mempertimbangkan jarak dan waktu dengan berbagai kemungkinan lintasan,
serta menentukan letak objek berdasarkan arah mata angina
1.9 Mengukur besar sudut menggunakan busur
derajat dan mengidentifikasi jenis sudutnya
1.10 Menyajikan hubungan ekspresi dalam
koordinat dan grafik
1.11 Membentuk berbagai bangun ruang yang
volumenya sudah ditentukan
1.12 Mengurai sebuah pecahan sebagai hasil
penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian dua buah pecahan yang
dinyatakan dalam desimal dan persen dengan berbagai kemungkinan jawaban
1.13 Menentukan bilangan yang tidak diketahui
dalam persamaan yang melibatkan penambahan, pengurangan, perkalian, atau
pembagian dan satu atau dua angka
1.14 Menemukan luas permukaan dan volume dari
heksahedron dan prisma segi banyak
1.15 Menentukan nilai simbol yang tidak diketahui
dalam suatu persamaan
1.16 Menunjukkan kesetaraan menggunakan
perkalian atau pembagian dengan jumlah nilai yang tidak diketahui pada kedua
sisi
|
KELAS: VI
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1.
Menerima, menghargai,
dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
|
|
2.
Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli,
percaya diri, dan cinta tanah air dalam berinteraksi dengan keluarga, teman,
tetangga, dan guru
|
2.1 Menunjukkan perilaku patuh, tertib dan
mengikuti prosedur dalam melakukan operasi hitung yang melibatkan berbagai
bentuk pecahan
2.2 Menghargai pendapat atau gagasan teman
mengenai hasil kerjanya dan usulan memecahkan masalah, penyajian data atau
pekerjaan matematika lainnya
2.3 Menunjukkan perilaku teliti dan cermat
dalam mengumpulkan dan mengolah data pengamatan
2.4 Menunjukkan perilaku jujur, disiplin dan
bertanggung jawab dalam melakukan pengumpulan data, pengolahan data, dan
melaporkan hasil pengamatan
2.5 Mengisi secara jujur lembar isian data
sederhana yang berkaitan dengan identitas diri, hasil mengukur/mencacah
2.6 Menunjukkan perilaku teliti dan rapi dalam
mengukur dan melaporkan besar sudut yang ditemukan dalam kehidupan
sehari-hari di rumah, sekolah dan tempat bermain
2.7 Menunjukkan perilaku jujur dalam
melaporkan data yang diperoleh berdasarkan hasil survey
|
3.
Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati dan
mencoba [mendengar, melihat, membaca] serta menanya berdasarkan rasa ingin
tahu secara kritis tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya,
dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
|
3.1 Memahami operasi hitung yang melibatkan
berbagai bentuk pecahan (pecahan biasa, campuran, desimal dan persen)
3.2 Menentukan besar sudut yang ditemukan
dalam kehidupan sehari-hari di rumah, sekolah dan tempat bermain dengan
satuan tidak baku dan satuan derajat termasuk sudut antara arah mata angin
dan sudut di antara dua jarum jam
3.3 Memahami cara menghitung nilai rata-rata,
median, dan modus menggunakan statistik sederhana
3.4 Membandingkan tafsiran/arti rata-rata,
median dan modus dari dua kumpulan data berbeda, tetapi sejenis.
3.5 Menemukan peluang empirik dari data luaran
(output) yang mungkin diperoleh berdasarkan beberapa jenis data saling
terkait yang diolah menggunakan tabel dan grafik
3.6 Menentukan prosedur pemecahan masalah
dengan menganalisis hubungan antar simbol, informasi yang relevan, dan
mengamati pola
3.7 Mengenal unsur-unsur lingkaran
3.8 Mengenal diagonal ruang dan diagonal sisi
dalam bangun ruang sederhana
3.9 Memilahkan poligon oleh garis simetri dan
dengan simetri rotasi
3.10 Memahami dan melakukan operasi hitung yang
melibatkan berbagai bentuk pecahan (pecahan biasa, campuran, desimal dan
persen)
3.11 Memahami kuesioner/lembar isian sederhana
sebagai sarana yang akurat untuk mendapatkan informasi tertentu
3.12 Memahami perbandingan senilai dan
perbandingan terbalik
3.13 Membandingkan dan memaknai tafsiran/arti
rata-rata, median dan modus dari dua kumpulan data berbeda, tetapi sejenis
3.14 Memahami juring, kesamaan busur, prisma,
silinder, piramida, dan kerucut untuk memecahkan masalah sederhana
|
4.
Menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas
dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak
beriman dan berakhlak mulia.
|
1.1 Mengemukakan kembali dengan kalimat
sendiri, menentukan kalimat matematika yang sesuai dan solusi dari masalah
yang berkaitan dengan operasi hitung, bangun ruang dan data yang terkait
dengan aktivitas sehari-hari di rumah, sekolah, atau tempat bermain serta
membuktikan kebenaran atau masuk akalnya jawaban
1.2 Membuat garis-garis dengan bantuan benang
yang menghubungkan dua buah titik sudut dalam kubus atau balok dan menemukan
bangun datar baru yang bisa dibentuk oleh benang-benang tersebut dan menggambarkannya
dalam bentuk sketsa
1.3 Membentuk/menggambar bangun datar gabungan
sederhana serta menghitung luasnya
1.4 Membentuk/menggambar bangun ruang gabungan
sederhana serta menghitung volumenya
1.5 Mengamati pola atau melakukan percobaan
untuk menemukan jumlah sudut segi tiga dan segi empat
1.6 Menggunakan data statistik hasil
pengamatan untuk menaksir peluang kejadian
1.7 Mengumpulkan data menggunakan kuesioner
sederhana, mengolah, dan memaparkan data dalam bentuk tabel dan grafik yang
sesuai
1.8 Menyatakan kesimpulan berdasarkan data
hasil pengamatan yang diolah menggunakan statistik sederhana, tabel, dan
grafik
1.9 Mengukur besar sudut yang ditemukan dalam
kehidupan sehari-hari di rumah, sekolah dan tempat bermain dengan satuan
derajat termasuk sudut antara arah mata angin dan sudut di antara dua jarum
jam
1.10 Menghitung luas permukaan prisma dan
silinder
1.11 Menggambar plotting titik-titik di kuadran
pertama
1.12 Menggunakan juring, kesamaan busur,
prisma, silinder, piramida, dan kerucut untuk memecahkan masalah sederhana
|
No comments:
Post a Comment