Friday, October 23, 2015

KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR PENDIDIKAN AGAMA KATOLIK DAN BUDI PEKERTI

KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR

PENDIDIKAN AGAMA KATOLIK DAN BUDI PEKERTI

SEKOLAH DASAR (SD)


KELAS: I
KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
1.           Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
1.1       Memahami Allah sebagai pencipta yang Maha Baik
1.2       Memahami kisah kelahiran Yesus sebagai wujud kasih Allah yang Mahabaik dan memelihara
1.3       Memahami doa-doa harian sebagai ungkapan syukur kepada Allah 
2.           Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
2.1       Mengenal identitas diri yang khas sebagai anugerah Allah dan mensyukurinya
3.           Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah  
3.1       Memahami lingkungan  rumah sebagai tempat bertumbuh dan berkembang
3.2       Memahami lingkungan sekolah sebagai tempat bertumbuh dan berkembang
4.           Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
4.1       Mengenal anggota tubuh yang dimilikinya dan mensyukurinya sebagai karunia Allah
4.2       Berdoa sesuai dengan  rumusan doa harian

KELAS: II

KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
1.           Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
1.1       Mengenal karya keselamatan Allah yang dialami oleh tokoh-tokoh sebelum Yesus Kristus, seperti: Kain dan Habel, Nabi Nuh, Abraham, Esau dan Yakub
1.2       Meneladani tokoh-tokoh Perjanjian Baru dalam kisah kanak-kanak Yesus
2.           Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
2.1       Mensyukuri kehadiran  sanak saudara sebagai karunia Allah dalam memperkembangkan dirinya
2.2       Mensyukuri kehadiran  teman sebagai karunia Allah dalam memperkembangkan dirinya
3.           Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
3.1       Menyatakan iman kepada Allah melalui doa
3.2       Mengenal sikap-sikap doa dan maknanya
3.3       Memperagakan sikap-sikap doa
3.4       Mengenal tetangga sebagai pendukung pertumbuhan dan perkembangan dirinya
3.5       Menciptakan kerukunan dengan tetangga sebagai bentuk relasi kasih dengan sesama
4.           Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia 


KELAS: III

KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
1.           Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
1.1       Mengenal karya keselamatan Allah yang dialami oleh  tokoh-tokoh sebelum Yesus Kristus, seperti:Yakub, Yusuf dan Musa dan Perjanjian Baru: Yohanes Pembaptis
1.2       Meneladani Yesus dan karya-Nya melalui kisah  percakapan Yesus dengan Nikodemus, penggandaan lima roti - dua ikan, dan kisah anak yang hilang
2.           Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, tetangga, dan guru
2.1       Memahami  bahwa dirinya mengalami pertumbuhan dan perkembangan dan mensyukurinya sebagai anugerah Allah
2.2       Menghargai bahwa dirinya memiliki kemampuan untuk  membedakan perbuatan baik dan buruk
3.           Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain
3.1       Mengenal makna dan tata perayaan sakramen  Baptis, Ekaristi dan Tobat sebagai tanda keselamatan Allah kepada manusia
3.2       Terlibat dalam kegiatan Gereja sebagai tanggapan atas karya keselamatan Allah
4.           Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
4.1       Mengenal tokoh- tokoh,budaya, dan kebiasaan masyarakat sebagai wujud karya keselamatan Allah
4.2       Terlibat dalam kegiatan masyarakat sebagai perwujudan kesadaran dirinya yang merupakan bagian dari masyarakat

KELAS : IV

KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
1.           Menerima, menghargai, dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
1.1       Memahami  Allah yang setia pada janjiNya dengan memberikan Sepuluh Firman sebagai pedoman hidup
1.2       Memahami makna perumpamaan-perumpamaan dan mukjizat-mukjizat Yesus sebagai karya keselamatan Allah 
2.           Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, tetangga, dan guru
2.1       Memahami kekhasan diri secara fisik sebagai anugerah Allah 
2.2       Memahami kemampuan dan keterbatasan diri agar dapat memperkembangkan diri 
3.           Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain
3.1       Memahami Firman Allah yang melandasi relasi dengan orang tua
3.2       Memahami Firman Allah yang melandasi dalam relasi dengan  sesama
4.           Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
4.1       Memahami  aneka doa dalam Gereja sebagai ungkapan iman kepada Allah
4.2       Berdoa secara spontan dalam doa pribadi  dan doa bersama.

KELAS : V

KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
1.           Menerima, menghargai, dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
1.1       Meneladani tokoh-tokoh Perjanjian Lama dalam  kisah Daud, Salomo dan Ester.
1.2       Memahami makna  karya keselamatan  Allah melalui peristiwa Yesus yang sengsara, wafat dan bangkit
2.           Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, percaya diri, dan cinta tanah air dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, tetangga, dan guru
2.1       Mengembangkan diri sebagai perempuan atau laki-laki seturut citra Allah.
2.2       Menghargai sesama baik perempuan maupun laki-laki sebagai partner yang saling membutuhkan dan melengkapi
3.           Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati dan mencoba [mendengar, melihat, membaca] serta menanya berdasarkan rasa ingin tahu secara kritis tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain
3.1       Memahami hidup baru dalam Rohkudus yang terungkap melalui doa-doa
3.2       Mewujudkan karya Rohkudus dalam kehidupan menggereja
4.           Menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
4.1       Memahami buah-buah Roh yang dibutuhkan demi pengembangan kehidupan bersama dalam masyarakat
4.2       Mewujudkan nilai-nilai  kejujuran dan keadilan dalam kehidupan bermasyarakat sebagai tanggapan atas karya Rohkudus

KELAS : VI

KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
1.           Menerima, menghargai, dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
1.1       Memahami karya keselamatan Allah melalui para nabi
1.2       Memahami karya keselamatan Allah melalui kata-kata, tindakan, dan pribadi Yesus Kristus
2.           Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, percaya diri, dan cinta tanah air dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, tetangga, dan guru
2.1       Bangga menjadi warga negara Indonesia yang memiliki keanekaragaman sebagai karunia Allah
2.2       Memahami diri sebagai bagian warga dunia dan melibatkan diri dalam berbagai keprihatinan yang ada.
3.           Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati dan mencoba [mendengar, melihat, membaca] serta menanya berdasarkan rasa ingin tahu secara kritis tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain
3.1       Memahami ciri-ciri Gereja sebagai sakramen keselamatan bagi dunia
3.2       Melibatkan diri dalam karya pelayanan Gereja.
4.           Menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
1.1       Memahami aneka tantangan zaman di tengah masyarakat
1.2       Menanggapi aneka tantangan zaman berdasarkan ajaran Gereja dan hati nurani


KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR

PENDIDIKAN AGAMA HINDU DAN BUDI PEKERTI

SEKOLAH DASAR (SD)


KELAS: I
KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
1.           Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
1.1       Menerima ajaran Tri Kaya Parisudha sebagai tuntunan hidup
1.2       Menerima ajaran Subha Karma dan Asubha Karma
1.3       Membaca Mantram-mantram dalam agama Hindu
1.4       Menghafal Mantram-mantram agama Hindu
2.           Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
2.1       Memiliki perilaku jujur melalui ajaran Subha Karma dan memperkecil ajaran Asubha Karma.
2.2       Memiliki perilaku jujur, santun dan bertanggungjawab melalui ajaran perilaku Tri Kaya Parisudha.
3.           Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah  
3.1       Mengamati jenis-jenis ciptaan Sang Hyang Widhi.
3.2       Mengamati perbedaan jenis-jenis ciptaan Sang Hyang Widhi dengan hasil karya manusia.
3.3       Mengamati makhluk hidup dengan benda mati.
3.4       Membaca kitab-kitab suci agama Hindu.
3.5       Mengamati perbedaan kitab-kitab suci agama Hindu, kitab-kitab suci agama di Indonesia, dan buku biasa.
4.           Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
4.1       Melafalkan lagu keagamaan Hindu
4.2       Menceritakan kisah dan perjalanan orang suci Hindu ke Bali secara singkat
4.3       Mendengarkan lagu keagamaan Hindu

KELAS: II

KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
1.           Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
1.1       Menerima Atma sebagai sumber hidup
1.2       Menerima fungsi dan sifat Atma dalam agama Hindu
1.3       Menerima konsep Tri Murti dalam kehidupan
1.4       Menerima sakti-sakti dalam Tri Murti sebagai sumber kekuatan Dewa Tri Murti
1.5       Menghafalkan puja Tri Sandhya
1.6       Melafalkan Panca Sembah
2.           Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru
2.1       Memiliki perilaku disiplin dan percaya diri untuk menghindari ajaran Tri Mala dalam kehidupan
2.2       Memiliki perilaku sesuai ajaran Catur Paramitha dalam kehidupan
3.           Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
3.1       Mengamati tokoh-tokoh dalam ceritera Ramayana
3.2       Mendengarkan cerita tokoh-tokoh Ramayana yang menegakkan Dharma
3.3       Membaca sejarah lahirnya kawitan Bali Aga
3.4       Melihat ciri-ciri khusus kawitan Bali Aga
4.           Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
4.1       Menceritakan tokoh-tokoh yang berbuat Dharma dan yang melanggar Dharma
4.2       Menyajikan ajaran Catur Paramitha

KELAS: III

KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
1.           Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
1.1       Menerima konsep Tri Parartha dalam kehidupan
1.2       Menerima konsep Daiwi Sampad dan Asuri Sampad dalam kitab Bhagawadgita sebagai landasan etika moral
2.           Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, tetangga, dan guru
2.1       Memiliki rasa tanggungjawab terhadap dampak karma baik dan karma buruk dalam kehidupan.
2.2       Memiliki rasa percaya diri dalam berkarma baik dan menghindari karma buruk.
2.3       Memiliki perilaku peduli dan santun sesuai ajaran Tri Parartha dalam kehidupan sehari-hari.
3.           Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain
3.1       Mengamati tokoh-tokoh utama dalam Mahabharata
3.2       Membaca peninggalan arkelogis perkembangan dan pertumbuhan agama Hindu di Indonesia
3.3       Mengetahui nama-nama planet dalam tata surya
3.4       Mengetahui nama-nama hari dalam kitab suci Veda
3.5       Mengamati tari profan dan tari sakral Hindu dalam kegiatan keagamaan
3.6       Melihat tari profan dan tari sakral Hindu dalam kegiatan keagamaan
4.           Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
4.1       Menceritakan setiap bagian kisah dalam Mahabharata secara singkat
4.2       Menceritakan perkembangan dan pertumbuhan agama Hindu di Indonesia secara singkat

KELAS: IV

KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
1.           Menerima, menghargai, dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
1.1       Menerima ajaran Punarbhawa sebagai bagian dari Sraddha
1.2       Menerima orang-orang suci dalam agama Hindu sebagai penuntun kebenaran
2.           Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, tetangga, dan guru
2.1       Memiliki perilaku yang disiplin dalam menghindari ajaran Catur Pataka.
2.2       Memiliki sikap santun dalam menghargai orang suci agama Hindu
3.           Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain
3.1       Membaca kisah-kisah Sapta Rsi penerima wahyu Veda
3.2       Mengelompokkan wahyu Veda yang diterima oleh Sapta Rsi
3.3       Menyebutkan hari-hari suci agama Hindu.
3.4       Mengkatagorikan hari-hari suci agama Hindu
4.           Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
4.1       Menceritakan ciri-ciri kelahiran Sorga dan kelahiran Neraka
4.2       Menceritakan pertumbuhan agama Hindu di Indonesia secara singkat
4.3       Menceritakan kejayaan agama Hindu di Indonesia secara singkat
4.4       Menceritakan keruntuhan agama Hindu di Indonesia secara singkat

KELAS: V

KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
1.           Menerima, menghargai, dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
1.1       Menerima konsep Moksha sebagai tujuan akhir manusia
1.2       Menerima jenis-jenis Mokhsa dalam agama Hindu
1.3       Menjalankan konsep Tri Hita Karana dalam kehidupan
1.4       Menerima Catur Guru sebagai pembentuk etika dalam kehidupan
1.5       Menerima kitab Suci Veda sebagai sumber hukum Hindu
1.6       Menerima dan mengenal kodifikasi Veda dalam kitab suci
2.           Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, percaya diri, dan cinta tanah air dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, tetangga, dan guru
2.1       Memiliki perilaku peduli, dan tanggungjawab  dengan cara menerapkan ajaran Tri Hita Karana dalam kehidupan
2.2       Memiliki perilaku jujur, santun, dan disiplin dengan mengaplikasikan sikap bhakti kepada Catur Guru.
3.           Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati dan mencoba [mendengar, melihat, membaca] serta menanya berdasarkan rasa ingin tahu secara kritis tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain
3.1       Melihat tempat-tempat  suci dalam agama Hindu
3.2       Mengamati ciri khusus perbedaan tempat-tempat suci agama Hindu
4.           Menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
4.1       Menceritakan bukti peninggalan sejarah masa pertumbuhan agama Hindu Nusantara secara singkat
4.2       Menyajikan bukti peninggalan sejarah masa kejayaan agama Hindu Nusantara

KELAS: VI

KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
1.           Menerima, menghargai, dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
1.1       Menerima ajaran Tri Rna sebagai hutang manusia yang dibawa sejak lahir
1.2       Menerima kitab Bhagavadgita sebagai pancama Veda
1.3       Menjalankan ajaran Tattwamasi dalam kehidupan
1.4       Menerima dan mengendalikan ajaran Sad Ripu dalam kehidupan sehari-hari
1.5       Membaca isi pokok kitab suci Bhagavadgita
2.           Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, percaya diri, dan cinta tanah air dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, tetangga, dan guru
2.1       Memiliki perilaku peduli dalam berinteraksi dengan keluarga, teman melalui korelasinya Tattwamasi dengan Itihasa
2.2       Memiliki rasa tanggungjawab terhadap akibat dari prilaku Sad Ripu dalam cerita Itihasa
3.           Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati dan mencoba [mendengar, melihat, membaca] serta menanya berdasarkan rasa ingin tahu secara kritis tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain
3.1       Mengamati hubungan Tri Rna dengan Panca Yadnya dalam kehidupan
3.2       Melihat korelasi bagian-bagian Panca Sraddha sebagai penguat keyakinan
4.           Menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
4.1       Mendemontrasikan sloka-sloka Bhagavadgita
4.2       Mempraktikkan ajaran Tattwamasi dalam kehidupan
4.3       Menceritakan korelasi bagian-bagian panca Sraddha melalui Itihasa secara singkat


KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR

PENDIDIKAN AGAMA BUDDHA DAN BUDI PEKERTI

SEKOLAH DASAR (SD)


KELAS: I
KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
1.           Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
1.1       Berdoa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan dalam kehidupan sehari-hari
1.2       Menerima keyakinan terhadap Tuhan Yang Maha Esa
2.           Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru
2.1       Memiliki sikap hormat dan salam dalam keluarga, sekolah, dan teman bermain
2.2       Menumbuhkan sifat-sifat ketuhanan  dan cara Buddha menyelamatkan makhluk hidup
3.           Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
3.1       Mengenali tempat ibadah, rohaniwan, kitab suci, hari raya dan Guru Agung Agama Buddha
3.2       Mengenali simbol-simbol agama Buddha
3.3       Mengetahui silsilah Pangeran Siddharta
4.           Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
4.1       Menceritakan peristiwa mimpi Ratu Mahamaya dan kelahiran Pangeran Siddharta
4.2       Menceritakan peristiwa upacara pemberian nama Pangeran Siddharta


KELAS: II

KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
1.           Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
1.1       Menerima kisah tentang kebijaksanaan
2.           Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru
2.1       Mengembangkan sifat malu berbuat jahat dan takut akibat berbuat jahat sebagai landasan kemoralan
2.2       Memiliki sikap sopan santun dalam keluarga, sekolah, dan masyarakat
3.           Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
3.1       Menceritakan peristiwa membajak sawah
3.2       Membedakan perbuatan baik dan buruk
4.           Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia 
4.1       Menerapkan kisah tentang kejujuran
4.2       Melaksanakan  macam-macam peraturan dalam keluarga, sekolah, dan masyarakat
4.3       Meneladan kisah tentang  persahabatan
4.4       Menerapkan kisah tentang  kasih sayang
4.5       Menerapkan sifat-sifat luhur Pangeran Siddharta pada masa kanak-kanak


KELAS: III

KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
1.           Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
1.1       Mengamalkan hari-hari raya agama Buddha
2.           Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, tetangga, dan guru
2.1       Meneladan tokoh yang berkisahkan pengorbanan
2.2       Menghayati Pancasila Buddhis dalam kehidupan sehari-hari
3.           Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain
3.1       Menguraikan manfaat melaksanakan dan akibat melanggar Pancasila Buddhis
3.2       Menjelaskan lima pengorbanan Boddhisattva
3.3       Menguraikan manfaat merayakan hari-hari raya agama Buddha.
4.           Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
4.1       Menceritakan sejarah Pangeran Siddharta pada masa bersekolah
4.2       Menceritakan  semangat belajar Pangeran Siddharta
4.3       Melaksanakan kewajiban dan tanggung jawab anak terhadap orangtua
4.4       Melaksanakan kewajiban dan tenggung jawab peserta didik terhadap guru


KELAS: IV

KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
1.           Menerima, menghargai, dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
1.1       Membiasakan diri untuk selalu melakukan puja bakti setiap hari
2.           Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, tetangga, dan guru
2.1       Memiliki Dharma yang membuat seseorang menjadi lemah lembut dan baik hati
2.2       Menunjukkan  pertolongan tanpa pamrih dan berterima kasih  kepada orang yang telah memberikan pertolongan
2.3       Mengakui kesalahan, memperbaiki diri, meminta dan memberi maaf 
3.           Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain
3.1       Menjelaskan  makna, tujuan, dan manfaat melaksanakan puja bakti
3.2       Mendeskripsikan candi-candi agama Buddha di Indonesia
3.3       Mengidentifikasi candi-candi yang digunakan dalam upacara Waisak dan upaya pelestariannya
4.           Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
4.1       Mengungkapkan kembali peristiwa masa remaja dan masa berumah tangga Pangeran Siddharta
4.2       Menceritakan empat peristiwa yang dilihat Pangeran Siddharta
4.3       Menceritakan peristiwa Pelepasan Agung Pangeran Siddharta


KELAS: V

KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
1.           Menerima, menghargai, dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
1.1       Menerima Hukum Kebenaran yang diajarkan Buddha
1.2       Menerima konsep Hukum Karma dan Kelahiran Kembali
2.           Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, percaya diri, dan cinta tanah air dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, tetangga, dan guru
2.1       Memiliki sifat kemurahan hati dalam kehidupan sehari-hari sebagai wujud kepedulian sosial
2.2       Menunjukkan  sikap yang tepat saat merawat dan mendoakan orang sakit
2.3       Menunjukkan cara melatih diri untuk menjaga pikiran ketika sedang sakit
3.           Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati dan mencoba [mendengar, melihat, membaca] serta menanya berdasarkan rasa ingin tahu secara kritis tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain
3.1       Menjelaskan hakikat dan perbedaan kehidupan menurut hukum kebenaran
4.           Menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
4.1       Menceritakan masa Petapa Gotama berguru
4.2       Menyajikan cerita peristiwa Petapa Gotama menyiksa diri
4.3       Menceritakan  peristiwa Petapa Gotama digoda oleh mara dan sepuluh bala tentaranya
4.4       Menerapkan cara-cara berdana yang baik dan benar sesuai ajaran Buddha


KELAS: VI

KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
1.           Menerima, menghargai, dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
1.1       Menerima konsep meditasi dalam kegiatan sehari-hari
2.           Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, percaya diri, dan cinta tanah air dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, tetangga, dan guru
2.1       Menunjukkan perilaku luhur dan disiplin sebagai dasar untuk melatih meditasi
2.2       Menunjukkan sikap tenang dalam menghadapi persoalan sebagai hasil  pelaksanaan  meditasi pernafasan dan cinta kasih
3.           Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati dan mencoba [mendengar, melihat, membaca] serta menanya berdasarkan rasa ingin tahu secara kritis tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain
3.1       Mendeskripsikan  tujuan akhir umat Buddha
3.2       Membedakan surga dengan tujuan akhir
4.           Menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
4.1       Menceritakan kisah perumpamaan tentang kisah Rumah Terbakar
4.2       Memaparkan kisah perumpamaan tentang Orang yang Luka Terkena Panah Beracun
4.3       Menceritakan  kisah perumpamaan tentang Kembalinya Anak yang Hilang”
4.4       Menguraikan lima mimpi Petapa Gotama dan perjumpaannya dengan Sujata
4.5       Menceritakan keajaiban-keajaiban saat Petapa Gotama mencapai Penerangan Sempurna
4.6       Melakukan latihan meditasi pernafasan dan cinta kasih dengan benar


No comments:

Post a Comment