KOMPETENSI INTI
DAN KOMPETENSI DASAR
PENDIDIKAN
AGAMA KATOLIK DAN BUDI PEKERTI
SEKOLAH DASAR
(SD)
KELAS: I
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1.
Menerima dan menjalankan ajaran
agama yang dianutnya.
|
1.1 Memahami Allah sebagai pencipta yang Maha Baik
1.2 Memahami kisah kelahiran Yesus sebagai wujud kasih Allah yang Mahabaik
dan memelihara
1.3 Memahami doa-doa harian sebagai ungkapan syukur kepada Allah
|
2.
Memiliki perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan
keluarga, teman, dan guru.
|
2.1 Mengenal identitas diri yang khas sebagai anugerah Allah dan
mensyukurinya
|
3.
Memahami pengetahuan faktual dengan
cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa
ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan
benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
|
3.1 Memahami lingkungan rumah sebagai
tempat bertumbuh dan berkembang
3.2 Memahami lingkungan sekolah sebagai tempat bertumbuh dan berkembang
|
4.
Menyajikan pengetahuan faktual dalam
bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak
beriman dan berakhlak mulia
|
4.1 Mengenal anggota tubuh yang dimilikinya dan mensyukurinya sebagai karunia
Allah
4.2 Berdoa sesuai dengan rumusan doa
harian
|
KELAS: II
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1.
Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
|
1.1
Mengenal karya keselamatan Allah
yang dialami oleh tokoh-tokoh sebelum Yesus Kristus, seperti: Kain dan Habel,
Nabi Nuh, Abraham, Esau dan Yakub
1.2
Meneladani tokoh-tokoh Perjanjian
Baru dalam kisah kanak-kanak Yesus
|
2.
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan
percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
|
2.1 Mensyukuri kehadiran sanak saudara
sebagai karunia Allah dalam memperkembangkan dirinya
2.2 Mensyukuri kehadiran teman sebagai
karunia Allah dalam memperkembangkan dirinya
|
3.
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat,
membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk
ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan
di sekolah
|
3.1 Menyatakan iman kepada Allah melalui doa
3.2 Mengenal sikap-sikap doa dan maknanya
3.3 Memperagakan sikap-sikap doa
3.4 Mengenal tetangga sebagai pendukung pertumbuhan dan perkembangan dirinya
3.5 Menciptakan kerukunan dengan tetangga sebagai bentuk relasi kasih dengan
sesama
|
4.
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam
karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam
tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
|
|
KELAS: III
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1.
Menerima dan menjalankan ajaran
agama yang dianutnya.
|
1.1 Mengenal karya keselamatan Allah yang dialami oleh tokoh-tokoh sebelum Yesus Kristus, seperti:Yakub,
Yusuf dan Musa dan Perjanjian Baru: Yohanes Pembaptis
1.2 Meneladani Yesus dan karya-Nya melalui kisah percakapan Yesus dengan Nikodemus,
penggandaan lima roti - dua ikan, dan kisah anak yang hilang
|
2.
Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun,
peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, tetangga,
dan guru
|
2.1 Memahami bahwa dirinya mengalami
pertumbuhan dan perkembangan dan mensyukurinya sebagai anugerah Allah
2.2 Menghargai bahwa dirinya memiliki kemampuan untuk membedakan perbuatan baik dan buruk
|
3.
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
[mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain
|
3.1 Mengenal makna dan tata perayaan sakramen
Baptis, Ekaristi dan Tobat sebagai tanda keselamatan Allah kepada
manusia
3.2 Terlibat dalam kegiatan Gereja sebagai tanggapan atas karya keselamatan
Allah
|
4.
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan
logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak
beriman dan berakhlak mulia
|
4.1 Mengenal tokoh- tokoh,budaya, dan kebiasaan masyarakat sebagai wujud
karya keselamatan Allah
4.2 Terlibat dalam kegiatan masyarakat sebagai perwujudan kesadaran dirinya
yang merupakan bagian dari masyarakat
|
KELAS : IV
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1.
Menerima, menghargai, dan menjalankan
ajaran agama yang dianutnya
|
1.1 Memahami Allah yang setia pada
janjiNya dengan memberikan Sepuluh Firman sebagai pedoman hidup
1.2 Memahami makna perumpamaan-perumpamaan dan mukjizat-mukjizat Yesus
sebagai karya keselamatan Allah
|
2.
Memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, tetangga, dan guru
|
2.1 Memahami kekhasan diri secara fisik sebagai anugerah Allah
2.2 Memahami kemampuan dan keterbatasan diri agar dapat memperkembangkan diri
|
3.
Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan
menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan
dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan
tempat bermain
|
3.1 Memahami Firman Allah yang melandasi relasi dengan orang tua
3.2 Memahami Firman Allah yang melandasi dalam relasi dengan sesama
|
4.
Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam
karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam
tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
|
4.1 Memahami aneka doa dalam Gereja
sebagai ungkapan iman kepada Allah
4.2 Berdoa secara spontan dalam doa pribadi
dan doa bersama.
|
KELAS : V
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1.
Menerima, menghargai, dan
menjalankan ajaran agama yang dianutnya
|
1.1 Meneladani tokoh-tokoh Perjanjian Lama dalam kisah Daud, Salomo dan Ester.
1.2 Memahami makna karya
keselamatan Allah melalui peristiwa
Yesus yang sengsara, wafat dan bangkit
|
2.
Memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, percaya diri, dan
cinta tanah air dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, tetangga, dan guru
|
2.1 Mengembangkan diri sebagai perempuan atau laki-laki seturut citra Allah.
2.2 Menghargai sesama baik perempuan maupun laki-laki sebagai partner yang
saling membutuhkan dan melengkapi
|
3.
Memahami
pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati dan mencoba
[mendengar, melihat, membaca] serta menanya berdasarkan rasa ingin tahu
secara kritis tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan
benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain
|
3.1 Memahami hidup baru dalam Rohkudus yang terungkap melalui doa-doa
3.2 Mewujudkan karya Rohkudus dalam kehidupan menggereja
|
4.
Menyajikan
pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas dan logis dan
sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak
sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan
berakhlak mulia
|
4.1 Memahami buah-buah Roh yang dibutuhkan demi pengembangan kehidupan
bersama dalam masyarakat
4.2 Mewujudkan nilai-nilai kejujuran
dan keadilan dalam kehidupan bermasyarakat sebagai tanggapan atas karya
Rohkudus
|
KELAS : VI
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1.
Menerima, menghargai, dan menjalankan
ajaran agama yang dianutnya
|
1.1 Memahami karya keselamatan Allah melalui para nabi
1.2 Memahami karya keselamatan Allah melalui kata-kata, tindakan, dan pribadi
Yesus Kristus
|
2.
Memiliki perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, percaya diri, dan cinta tanah air
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, tetangga, dan guru
|
2.1 Bangga menjadi warga negara Indonesia yang memiliki keanekaragaman
sebagai karunia Allah
2.2 Memahami diri sebagai bagian warga dunia dan melibatkan diri dalam berbagai
keprihatinan yang ada.
|
3.
Memahami pengetahuan faktual dan
konseptual dengan cara mengamati dan mencoba [mendengar, melihat, membaca]
serta menanya berdasarkan rasa ingin tahu secara kritis tentang dirinya,
makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di
rumah, sekolah, dan tempat bermain
|
3.1 Memahami ciri-ciri Gereja sebagai sakramen keselamatan bagi dunia
3.2 Melibatkan diri dalam karya pelayanan Gereja.
|
4.
Menyajikan pengetahuan faktual
dan konseptual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya
yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan
yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
|
1.1 Memahami aneka tantangan zaman di tengah masyarakat
1.2 Menanggapi aneka tantangan zaman berdasarkan ajaran Gereja dan hati
nurani
|
KOMPETENSI INTI
DAN KOMPETENSI DASAR
PENDIDIKAN
AGAMA HINDU DAN BUDI PEKERTI
SEKOLAH DASAR
(SD)
KELAS: I
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1.
Menerima dan menjalankan ajaran
agama yang dianutnya.
|
1.1 Menerima ajaran Tri Kaya Parisudha sebagai tuntunan hidup
1.2 Menerima ajaran Subha Karma dan Asubha Karma
1.3 Membaca Mantram-mantram dalam agama Hindu
1.4 Menghafal Mantram-mantram agama Hindu
|
2.
Memiliki perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan
keluarga, teman, dan guru.
|
2.1 Memiliki perilaku jujur melalui ajaran Subha Karma dan memperkecil ajaran
Asubha Karma.
2.2
Memiliki perilaku jujur, santun dan
bertanggungjawab melalui ajaran perilaku Tri Kaya Parisudha.
|
3.
Memahami pengetahuan faktual dengan
cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa
ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan
benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
|
3.1 Mengamati jenis-jenis ciptaan Sang Hyang Widhi.
3.2 Mengamati perbedaan jenis-jenis ciptaan Sang Hyang Widhi dengan hasil
karya manusia.
3.3 Mengamati makhluk hidup dengan benda mati.
3.4 Membaca kitab-kitab suci agama Hindu.
3.5 Mengamati perbedaan kitab-kitab suci agama Hindu, kitab-kitab suci agama
di Indonesia, dan buku biasa.
|
4.
Menyajikan pengetahuan faktual dalam
bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak
beriman dan berakhlak mulia
|
4.1
Melafalkan lagu keagamaan Hindu
4.2
Menceritakan kisah dan perjalanan
orang suci Hindu ke Bali secara singkat
4.3 Mendengarkan lagu keagamaan Hindu
|
KELAS: II
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1.
Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
|
1.1 Menerima Atma sebagai sumber hidup
1.2 Menerima fungsi dan sifat Atma dalam agama Hindu
1.3 Menerima konsep Tri Murti dalam kehidupan
1.4 Menerima sakti-sakti dalam Tri Murti sebagai sumber kekuatan Dewa Tri
Murti
1.5 Menghafalkan puja Tri Sandhya
1.6 Melafalkan Panca Sembah
|
2.
Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan
percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru
|
2.1 Memiliki perilaku disiplin dan percaya diri untuk menghindari ajaran Tri
Mala dalam kehidupan
2.2 Memiliki perilaku sesuai ajaran Catur Paramitha dalam kehidupan
|
3.
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat,
membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk
ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan
di sekolah
|
3.1
Mengamati tokoh-tokoh dalam ceritera
Ramayana
3.2
Mendengarkan cerita tokoh-tokoh
Ramayana yang menegakkan Dharma
3.3
Membaca sejarah lahirnya kawitan
Bali Aga
3.4
Melihat ciri-ciri khusus kawitan
Bali Aga
|
4.
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam
karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam
tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
|
4.1 Menceritakan tokoh-tokoh yang berbuat Dharma dan yang melanggar Dharma
4.2 Menyajikan ajaran Catur Paramitha
|
KELAS: III
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1.
Menerima dan menjalankan ajaran
agama yang dianutnya.
|
1.1 Menerima konsep Tri Parartha dalam kehidupan
1.2 Menerima konsep Daiwi Sampad dan Asuri Sampad dalam kitab Bhagawadgita
sebagai landasan etika moral
|
2.
Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun,
peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, tetangga,
dan guru
|
2.1 Memiliki rasa tanggungjawab terhadap dampak karma baik dan karma buruk
dalam kehidupan.
2.2 Memiliki rasa percaya diri dalam berkarma baik dan menghindari karma
buruk.
2.3 Memiliki perilaku peduli dan santun sesuai ajaran Tri Parartha dalam
kehidupan sehari-hari.
|
3.
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
[mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain
|
3.1 Mengamati tokoh-tokoh utama dalam Mahabharata
3.2 Membaca peninggalan arkelogis perkembangan dan pertumbuhan agama Hindu di
Indonesia
3.3 Mengetahui nama-nama planet dalam tata surya
3.4 Mengetahui nama-nama hari dalam kitab suci Veda
3.5 Mengamati tari profan dan tari sakral Hindu dalam kegiatan keagamaan
3.6 Melihat tari profan dan tari sakral Hindu dalam kegiatan keagamaan
|
4.
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan
logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak
beriman dan berakhlak mulia
|
4.1
Menceritakan setiap bagian kisah
dalam Mahabharata secara singkat
4.2 Menceritakan perkembangan dan pertumbuhan agama Hindu di Indonesia secara
singkat
|
KELAS: IV
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1.
Menerima, menghargai, dan
menjalankan ajaran agama yang dianutnya
|
1.1 Menerima ajaran Punarbhawa sebagai bagian dari Sraddha
1.2 Menerima orang-orang suci dalam agama Hindu sebagai penuntun kebenaran
|
2.
Memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, tetangga, dan guru
|
2.1 Memiliki perilaku yang disiplin dalam menghindari ajaran Catur Pataka.
2.2 Memiliki sikap santun dalam menghargai orang suci agama Hindu
|
3.
Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan
menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan
dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan
tempat bermain
|
3.1 Membaca kisah-kisah Sapta Rsi penerima wahyu Veda
3.2 Mengelompokkan wahyu Veda yang diterima oleh Sapta Rsi
3.3 Menyebutkan hari-hari suci agama Hindu.
3.4 Mengkatagorikan hari-hari suci agama Hindu
|
4.
Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam
karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam
tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
|
4.1
Menceritakan ciri-ciri kelahiran
Sorga dan kelahiran Neraka
4.2
Menceritakan pertumbuhan agama
Hindu di Indonesia secara singkat
4.3
Menceritakan kejayaan agama Hindu
di Indonesia secara singkat
4.4
Menceritakan keruntuhan agama
Hindu di Indonesia secara singkat
|
KELAS: V
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1.
Menerima, menghargai, dan
menjalankan ajaran agama yang dianutnya
|
1.1 Menerima konsep Moksha sebagai tujuan akhir manusia
1.2 Menerima jenis-jenis Mokhsa dalam agama Hindu
1.3 Menjalankan konsep Tri Hita Karana dalam kehidupan
1.4 Menerima Catur Guru sebagai pembentuk etika dalam kehidupan
1.5 Menerima kitab Suci Veda sebagai sumber hukum Hindu
1.6 Menerima dan mengenal kodifikasi Veda dalam kitab suci
|
2.
Memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, percaya diri, dan
cinta tanah air dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, tetangga, dan guru
|
2.1 Memiliki perilaku peduli, dan tanggungjawab dengan cara menerapkan ajaran Tri Hita
Karana dalam kehidupan
2.2 Memiliki perilaku jujur, santun, dan disiplin dengan mengaplikasikan
sikap bhakti kepada Catur Guru.
|
3.
Memahami
pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati dan mencoba
[mendengar, melihat, membaca] serta menanya berdasarkan rasa ingin tahu
secara kritis tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan
benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain
|
3.1 Melihat tempat-tempat suci dalam
agama Hindu
3.2 Mengamati ciri khusus perbedaan tempat-tempat suci agama Hindu
|
4.
Menyajikan
pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas dan logis dan
sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak
sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan
berakhlak mulia
|
4.1 Menceritakan bukti peninggalan sejarah masa pertumbuhan agama Hindu
Nusantara secara singkat
4.2 Menyajikan bukti peninggalan sejarah masa kejayaan agama Hindu Nusantara
|
KELAS: VI
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1.
Menerima, menghargai, dan
menjalankan ajaran agama yang dianutnya
|
1.1 Menerima ajaran Tri Rna sebagai hutang manusia yang dibawa sejak lahir
1.2 Menerima kitab Bhagavadgita sebagai pancama Veda
1.3 Menjalankan ajaran Tattwamasi dalam kehidupan
1.4 Menerima dan mengendalikan ajaran Sad Ripu dalam kehidupan sehari-hari
1.5 Membaca isi pokok kitab suci Bhagavadgita
|
2.
Memiliki perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, percaya diri, dan cinta tanah air
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, tetangga, dan guru
|
2.1 Memiliki perilaku peduli dalam berinteraksi dengan keluarga, teman
melalui korelasinya Tattwamasi dengan Itihasa
2.2 Memiliki rasa tanggungjawab terhadap akibat dari prilaku Sad Ripu dalam
cerita Itihasa
|
3.
Memahami pengetahuan faktual dan
konseptual dengan cara mengamati dan mencoba [mendengar, melihat, membaca]
serta menanya berdasarkan rasa ingin tahu secara kritis tentang dirinya,
makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di
rumah, sekolah, dan tempat bermain
|
3.1 Mengamati hubungan Tri Rna dengan Panca Yadnya dalam kehidupan
3.2 Melihat korelasi bagian-bagian Panca Sraddha sebagai penguat keyakinan
|
4.
Menyajikan pengetahuan faktual
dan konseptual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya
yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan
yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
|
4.1
Mendemontrasikan sloka-sloka
Bhagavadgita
4.2
Mempraktikkan ajaran Tattwamasi
dalam kehidupan
4.3
Menceritakan korelasi
bagian-bagian panca Sraddha melalui Itihasa secara singkat
|
KOMPETENSI INTI
DAN KOMPETENSI DASAR
PENDIDIKAN
AGAMA BUDDHA DAN BUDI PEKERTI
SEKOLAH DASAR
(SD)
KELAS: I
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1.
Menerima dan menjalankan ajaran
agama yang dianutnya
|
1.1 Berdoa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan dalam kehidupan sehari-hari
1.2 Menerima keyakinan terhadap Tuhan Yang Maha Esa
|
2.
Memiliki perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan
keluarga, teman, dan guru
|
2.1 Memiliki sikap hormat dan salam dalam keluarga, sekolah, dan teman
bermain
2.2 Menumbuhkan sifat-sifat ketuhanan
dan cara Buddha menyelamatkan makhluk hidup
|
3.
Memahami pengetahuan faktual dengan
cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa
ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan
benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
|
3.1 Mengenali tempat ibadah, rohaniwan, kitab suci, hari raya dan Guru Agung
Agama Buddha
3.2 Mengenali simbol-simbol agama Buddha
3.3 Mengetahui silsilah Pangeran Siddharta
|
4.
Menyajikan pengetahuan faktual dalam
bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak
beriman dan berakhlak mulia
|
4.1 Menceritakan peristiwa mimpi Ratu Mahamaya dan kelahiran Pangeran
Siddharta
4.2 Menceritakan peristiwa upacara pemberian nama Pangeran Siddharta
|
KELAS: II
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1.
Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
|
1.1 Menerima kisah tentang kebijaksanaan
|
2.
Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan
percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru
|
2.1 Mengembangkan sifat malu berbuat jahat dan takut akibat berbuat jahat
sebagai landasan kemoralan
2.2 Memiliki sikap sopan santun dalam keluarga, sekolah, dan masyarakat
|
3.
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat,
membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk
ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan
di sekolah
|
3.1 Menceritakan peristiwa membajak sawah
3.2 Membedakan perbuatan baik dan buruk
|
4.
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam
karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam
tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
|
4.1 Menerapkan kisah tentang kejujuran
4.2 Melaksanakan macam-macam peraturan
dalam keluarga, sekolah, dan masyarakat
4.3 Meneladan kisah tentang
persahabatan
4.4 Menerapkan kisah tentang kasih
sayang
4.5 Menerapkan sifat-sifat luhur Pangeran Siddharta pada masa kanak-kanak
|
KELAS: III
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1.
Menerima dan menjalankan ajaran
agama yang dianutnya.
|
1.1 Mengamalkan hari-hari raya agama Buddha
|
2.
Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun,
peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, tetangga,
dan guru
|
2.1 Meneladan tokoh yang berkisahkan pengorbanan
2.2 Menghayati Pancasila Buddhis dalam kehidupan sehari-hari
|
3.
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
[mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain
|
3.1 Menguraikan manfaat melaksanakan dan akibat melanggar Pancasila Buddhis
3.2 Menjelaskan lima pengorbanan Boddhisattva
3.3 Menguraikan manfaat merayakan hari-hari raya agama Buddha.
|
4.
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan
logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak
beriman dan berakhlak mulia
|
4.1 Menceritakan sejarah Pangeran Siddharta pada masa bersekolah
4.2 Menceritakan semangat belajar
Pangeran Siddharta
4.3 Melaksanakan kewajiban dan tanggung jawab anak terhadap orangtua
4.4 Melaksanakan kewajiban dan tenggung jawab peserta didik terhadap guru
|
KELAS: IV
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1.
Menerima, menghargai, dan
menjalankan ajaran agama yang dianutnya
|
1.1 Membiasakan diri untuk selalu melakukan puja bakti setiap hari
|
2.
Memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, tetangga, dan guru
|
2.1 Memiliki Dharma yang membuat seseorang menjadi lemah lembut dan baik hati
2.2 Menunjukkan pertolongan tanpa
pamrih dan berterima kasih kepada
orang yang telah memberikan pertolongan
2.3 Mengakui kesalahan, memperbaiki diri, meminta dan memberi maaf
|
3.
Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan
menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan
dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan
tempat bermain
|
3.1 Menjelaskan makna, tujuan, dan
manfaat melaksanakan puja bakti
3.2 Mendeskripsikan candi-candi agama Buddha di Indonesia
3.3 Mengidentifikasi candi-candi yang digunakan dalam upacara Waisak dan
upaya pelestariannya
|
4.
Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam
karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam
tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
|
4.1 Mengungkapkan kembali peristiwa masa remaja dan masa berumah tangga
Pangeran Siddharta
4.2 Menceritakan empat peristiwa yang dilihat Pangeran Siddharta
4.3 Menceritakan peristiwa Pelepasan Agung Pangeran Siddharta
|
KELAS: V
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1.
Menerima, menghargai, dan
menjalankan ajaran agama yang dianutnya
|
1.1 Menerima Hukum Kebenaran yang diajarkan Buddha
1.2 Menerima konsep Hukum Karma dan Kelahiran Kembali
|
2.
Memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, percaya diri, dan
cinta tanah air dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, tetangga, dan guru
|
2.1 Memiliki sifat kemurahan hati dalam kehidupan sehari-hari sebagai wujud
kepedulian sosial
2.2 Menunjukkan sikap yang tepat saat
merawat dan mendoakan orang sakit
2.3 Menunjukkan cara melatih diri untuk menjaga pikiran ketika sedang sakit
|
3.
Memahami
pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati dan mencoba
[mendengar, melihat, membaca] serta menanya berdasarkan rasa ingin tahu
secara kritis tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan
benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain
|
3.1 Menjelaskan hakikat dan perbedaan kehidupan menurut hukum kebenaran
|
4.
Menyajikan
pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas dan logis dan
sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak
sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan
berakhlak mulia
|
4.1 Menceritakan masa Petapa Gotama berguru
4.2 Menyajikan cerita peristiwa Petapa Gotama menyiksa diri
4.3 Menceritakan peristiwa Petapa
Gotama digoda oleh mara dan sepuluh bala tentaranya
4.4 Menerapkan cara-cara berdana yang baik dan benar sesuai ajaran Buddha
|
KELAS: VI
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1.
Menerima, menghargai, dan
menjalankan ajaran agama yang dianutnya
|
1.1 Menerima konsep meditasi dalam kegiatan sehari-hari
|
2.
Memiliki perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, percaya diri, dan cinta tanah air
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, tetangga, dan guru
|
2.1 Menunjukkan perilaku luhur dan disiplin sebagai dasar untuk melatih
meditasi
2.2 Menunjukkan sikap tenang dalam menghadapi persoalan sebagai hasil pelaksanaan
meditasi pernafasan dan cinta kasih
|
3.
Memahami pengetahuan faktual dan
konseptual dengan cara mengamati dan mencoba [mendengar, melihat, membaca]
serta menanya berdasarkan rasa ingin tahu secara kritis tentang dirinya,
makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di
rumah, sekolah, dan tempat bermain
|
3.1 Mendeskripsikan tujuan akhir umat
Buddha
3.2 Membedakan surga dengan tujuan akhir
|
4.
Menyajikan pengetahuan faktual
dan konseptual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya
yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan
yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
|
4.1 Menceritakan kisah perumpamaan tentang kisah “Rumah Terbakar”
4.2 Memaparkan kisah perumpamaan tentang Orang
yang Luka Terkena Panah Beracun
4.3 Menceritakan kisah perumpamaan tentang “Kembalinya Anak yang Hilang”
4.4 Menguraikan lima mimpi Petapa Gotama
dan perjumpaannya dengan Sujata
4.5 Menceritakan keajaiban-keajaiban saat Petapa Gotama mencapai
Penerangan Sempurna
4.6 Melakukan latihan meditasi
pernafasan dan cinta kasih dengan benar
|
No comments:
Post a Comment