Friday, October 23, 2015

KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR PENDIDIKAN AGAMA KHONGHUCU DAN BUDI PEKERTI

KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR

PENDIDIKAN AGAMA KHONGHUCU DAN BUDI PEKERTI

SEKOLAH DASAR (SD)

KELAS: I
KOMPETENSI INTI
 KOMPETENSI DASAR
1.           Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
1.1       Meyakini bahwa orang tua adalah wali Tian bagi anaknya
1.2       Meyakini tanda-tanda gaib ( Gan Sheng) menjelang kelahiran Nabi Kongzi
2.           Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
2.1       Mencontoh teladan Nabi Kongzi semasa kecil (rajin belajar, sikap hormat kepada Tian)
2.2       Membiasakan berdoa pagi-sore, sebelum makan dan  menjelang tidur
2.3       Menghormati orang tua sebagai wujud hormat kepada Tian
2.4       Membiasakan bersyukur dan berterima kasih terhadap pemberian yang diterima. 
3.           Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah  
3.1       Menyebutkan istilah  sebutan Tian dalam agama Khonghucu
3.2       Menunjukkan ciptaan-ciptaan Tian
3.3       Menceritakan   keluarga  Kong Shu Lianghe sebelum  kelahiran Nabi Kongzi dan kekhusyukan  ibu Yan Zhengzai dalam bersembahyang kehadirat Tian
3.4       Menyebutkan orang tua dan saudara Nabi Kongzi
3.5       Menceritakan kebiasaan Nabi Kongzi semasa kecil
3.6       Menjelaskan  makna  sikap  Delapan Kebajikan (bade)
3.7       Menyebutkan makna sembahyang dan doa
3.8       Menyebutkan sembahyang dan berdoa kepadaTuhan, Nabi, dan leluhur
3.9       Mengemukakan nilai- nilai penghormatan terhadap Tuhan,Nabi Kongzi, dan leluhur yang terdapat dalam lagu yang dinyanyikan
3.10   Memahami bahwa manusia diciptakan Tian melalui kedua orang tua
3.11   Menjelaskan  manfaat segala ciptaan Tuhan bagi kehidupan manusia.
4.           Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
4.1       Menyanyikan lagu-lagu rohani yang berkaitan dengan kebesaran Tuhan, Nabi Kongzi dan kebajikan
4.2       Mempraktikkan sikap Delapan Kebajikan ( bade) di lingkungan rumah dan sekolah.
4.3       Menyanyikan lagu-lagu rohani yang berkaitan dengan kebesaran kepada Tuhan, Nabi Kongzi, dan leluhur.

KELAS: II

KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
1.           Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
1.1       Meyakini sikap mau mengalah adalah benih karunia Tian dalam diri manusia yang harus dikembangkan dalam kehidupan ini 
2.           Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli,  dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
2.1       Bertutur kata santun dan jujur kepada saudara
2.2       Menunjukkan sikap hormat kepada guru
2.3       Menunjukkan sikap peduli dan menolong kepada teman
2.4       Menunjukkan sikap mau mengalah dan membantu kepada saudara dan orang yang lebih tua
2.5       Menunjukkan sikap tanggung jawab terhadap kebutuhan diri sendiri
3.           Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
3.1       Meneladani sikap bakti, suka mengalah & menolong dari tokoh Rujiao
3.2       Memahami makna keluarga inti, tugas dan kewajiban masing-masing anggota keluarga
3.3       Menceritakan jasa-jasa orang tua dalam memberikan perawatan dan bimbingan
3.4       Memahami hubungan persaudaraan dengan keluarga besar ayah dan ibu
3.5       Mengemukakan nilai-nilai berkaitan dengan keteladanan Nabi Kongzi dan semangat belajar yang terdapat dalam lagu yang dinyanyikan
3.6       Mengetahui fungsi dan macam-macam dupa (xiang)
3.7       Menjelaskan cara menggunakan dupa (xiang) sesuai dengan keperluannya
3.8       Mengemukakan nilai-nilai berkaitan dengan keteladanan Nabi Kongzi dan semangat belajar terdapat dalam lagu yang dinyanyikan
4.           Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia 
1.1       Menyanyikan lagu-lagu berkaitan dengan keteladanan Nabi Kongzi dan semangat belajar
1.2       Melafalkan ayat-ayat suci dari kitab Si Shu
1.3       Melakukan/mempraktekkan hormat dengan Bai (merangkap tangan) sesuai dengan tingkatan dan keperluaannya
1.4       Melakukan /mempraktekkan hormat dengan membungkukkan badan (Ju Gong)
1.5       Melakukan /mempraktek-kan hormat dengan berlutut (Gui)
1.6       Mendemonstrasikan sembahyang dengan menggunakan dupa (Xiang)

KELAS: III

KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
1.           Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
1.1       Meyakini delapan keimanan sebagai landasan keimanan umat Khonghucu
1.2       Menyakini tanda-tanda khusus (gaib) menjelang wafat Nabi Kongzi
2.           Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, tetangga, dan guru
2.1       Meneladani  perilaku luhur Nabi Kongzi  dalam kesehariannya
2.2       Meneladani kesukaan dan ketidaksukaan Nabi Kongzi
2.3       Meneladani perilaku luhur murid-murid Nabi Kongzi
2.4       Menunjukkan sikap menghargai waktu
2.5       Menunjukkan sikap lembut dan penuh perhitungan
3.           Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain
3.1       Menyebutkan poin-poin delapan  keimanan
3.2       Menyebutkan perlengkapan yang ada pada altar di Litang/Miao
3.3       Mengidentifikasikan peralatan (piranti) yang ada pada altar.
3.4       Menyebutkan fungsi dari setiap peralatan (Piranti) yang ada pada altar
3.5       Mengemukakan nilai-nilai keteladanan Nabi Kongzi yang terdapat dalam lagu yang dinyanyikan.
3.6       Menceritakan murid-murid utama Nabi Kongzi (Yan Hui , Zi Lu , Zi Gong, Zheng Zi)
3.7       Menceritakan masa kecil kehidupan Mengzi
3.8       Menyebutkan prinsip- prinsip moral yang ditegakkan kembali oleh Mengzi tentang Watak Sejati manusia
4.           Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
1.1       Melafalkan poin-poin delapan pengakuan iman sesuai bahasa kitab.
1.2       Menyusun peralatan dan perlengkapan sembahyang di altar.
1.3       Menyanyikan  lagu-lagu berkaitan dengan kelahiran Nabi Kongzi, dan pedoman hidup

KELAS: IV

KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
1.           Menerima, menghargai, dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
1.1    Meyakini Wahyu Tian yang diterima oleh  para nabi dan raja suci
1.2    Meyakini bahwa nabi Kongzi adalah utusan Tian (Genta Rohani Tian )
2.       Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, tetangga, dan guru
2.1    Menunjukkan perilaku sesuai dengan Delapan Kebajikan (Ba De)
2.2    Menunjukkan semangat intropekasi dan memperbaiki diri
3.            Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain
3.1    Mengenal Raja Suci  Tang Yao
3.2    Mengenal Raja Suci Yu Shun.
3.3    Mengemukakan teladan Raja Suci Tang Yao dan Raja Suci Yu Shun
3.4    Menceritakan alasan Nabi Kongzi meninggalkan negeri Lu
3.5    Menjelaskan tujuan pengembaraan Nabi Kongzi
3.6    Mengetahui bentuk-bentuk visual kitab suci yang mendasari (Wu Jing)
3.7    Menyebutkan bagian dari kitab suci yang  mendasari (Wu Jing)
3.8    Menjelaskan makna sikap Ba De
3.9    Mengemukakan nilai-nilai pedoman/tuntunan dan semangat hidup yang terdapat dalam lagu yang dinyanyikan.
3.10Menceritakan kisah nabi purba dan raja suci penerima Wahyu Tian dan karya-karya yang ditemukan-Nya
3.11Mengemukakan nilai-nilai pedoman/ tuntunan dan semangat hidup yang terdapat dalam lagu yang dinyanyikan.
3.12Menjelaskan penting sikap dapat dipercaya dalam hidup
4.            Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
4.1  Menyanyikan lagu-lagu berkaitan dengan pedoman/ tuntunan dan semangat hidup
4.2  Menyanyikan lagu-lagu berkaitan dengan pedoman/ tuntunan dan semangat hidup

KELAS: V

KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
1.           Menerima, menghargai, dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
1.1 Meyakini bahwa sembahyang adalah pokok dari agama
2.           Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, percaya diri, dan cinta tanah air dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, tetangga, dan guru.
2.1       Menunjukkan sikap mencintai sesama
2.2       Menunjukkan pribadi yang luhur
3.           Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati dan mencoba [mendengar, melihat, membaca] serta menanya berdasarkan rasa ingin tahu secara kritis tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain
3.1       Menceritakan kisah  kebijaksanaan ibu Mengzi
3.2       Menceritakan kisah kebijaksanaan ibu Ouyang Xiu
3.3       Menceritakan  kebijaksanaan ibu Yue Fei
3.4       Menjelaskan nilai nilai peringatan hari raya persembahyangan kepada Tian dan leluhur
3.5       Mengenal Dong Zhong Shu
3.6       Mengemukakan nilai nilai sumbangsih pikiran Dong Zhong Shu
3.7       Mengenal Zhu Xi tokoh besar Neo Confucianisme
3.8       Mengemukakan nilai-nilai sumbangsih pikiran Zhu Xi.
3.9       Menjelaskan tentang hari raya/ sembahyang Qing Ming.
3.10   Menjelaskan tentang hari  persaudaraan
3.11   Menjelaskan tentang hari raya Xin Chun (tahun baru Khongzi-li)
3.12   Menjelaskan tentang sembahyang Jing Tian Gong
3.13   Menjelaskan tentang sembahyang Duan Yang
3.14   Menjelaskan tentang sembahyang Dong Zhi
3.15   Menjelaskan tentang sembahyang Zhong Qiu
3.16   Menjelaskan nilai-nilai persembahyangan kepada Tian dan Leluhur
3.17   Menjelaskan Nenek Moyang Nabi Kongzi dan keturunannya
3.18   Menjelaskan urutan pelaksanaan kebaktian di Litang/Kelenteng/Miao
4.           Menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
1.1       Menyanyikan  lagu-lagu berkaitan dengan hari raya/sembahyang kepada Tuhan dan Leluhur

KELAS: VI

KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
1.            Menerima, menghargai, dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
1.1     Meyakini sifat-sifat Tian yang Yuan, Heng, Li, Zhen
2.            Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, percaya diri, dan cinta tanah air dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, tetangga, dan guru
2.1  Menunjukkan semangat belajar dalam keseharian
3.            Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati dan mencoba [mendengar, melihat, membaca] serta menanya berdasarkan rasa ingin tahu secara kritis tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain
3.1       Menjelaskan konsep Tiga Dasar Kenyataan (Sancai)
3.2       Menjelaskan hubungan/keterkaitan Tian, Di, Ren
3.3       Memahami Ren, Yi, Li, Zhi, sebagai perwujudan sifat Tian dalam diri manusia
3.4       Mengungkapkan nilai nilai yang berkaitan dengan kebesaran Tian dan pedoman/ tuntunan hidup
3.5       Menjelaskan ajaran empat pantangan (Si Wu)
3.6       Menjelaskan ajaran lima mutiara kebajikan (Wu Chang)
3.7       Menjelaskan ajaran Lima Hubungan Kemasyarakatan (Wu Lun)
3.8       Menyebutkan ayat-ayat suci tentang belajar
3.9       Menjelaskan pentingnya mengamalkan ilmu yang dipelajari
3.10   Menjelaskan sejarah lahirnya organisasi/ kelembagaan Khonghucu di Indonesia
3.11   Menjelaskan sejarah dan perkembangan  organisasi MATAKIN di Indonesia
3.12   Menjelaskan peran dan fungsi Dewan Rohaniwan MATAKIN
3.13   Menjelaskan tugas dan kewajiban seorang rohaniwan
3.14   Mengungkapkan nilai-nilai keteladanan yang terdapat dalam lagu MATAKIN yang dinyanyikan
3.15   Menjelaskan arti iman berdasarkan karakter huruf
3.16   Menyebutkan pengakuan iman yang pokok umat Khonghucu (Cheng Xin Zhi Zhi)
4.            Menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
1.1  Menyanyikan lagu-lagu berkaitan dengan kebesaran Tian dan pedoman/tuntunan hidup
1.2  Menyanyikan  lagu-lagu yang berkaitan dengan berkaitan nilai dan Organisasi  MATAKIN
1.3  Menyusun perlengkapan (piranti) pada altar kebaktian di Litang/Miao


KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR

PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN (PPKn)

SEKOLAH DASAR (SD)/MADRASAH IBTIDAIYAH (MI)


KELAS: I

KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
1.           Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
1.1       Menerima keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan beragama sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah
1.2       Menerima kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah
2.           Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru
2.1       Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri  dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru sebagai perwujudan nilai dan moral Pancasila
2.2       Menunjukkan perilaku patuh pada tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan sekolah
2.3       Menunjukkan perilaku kebersamaan dalam keberagaman di rumah dan sekolah
3.           Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan di sekolah.
3.1       Mengenal simbol-simbol sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila”
3.2       Mengenal tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan sekolah
3.3       Mengenal keberagaman karateristik individu di rumah dan di sekolah
3.4       Mengenal arti bersatu dalam keberagaman di rumah dan sekolah
4.           Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
4.1       Mengamati dan menceritakan perilaku di sekitar rumah dan sekolah dan mengaitkannya dengan pengenalannya terhadap salah satu simbol sila Pancasila
4.2       Melaksanakan tata tertib di rumah dan sekolah
4.3       Mengamati dan menceriterakan kebersamaan dalam keberagaman di rumah dan sekolah
4.4       Mengamati dan menceriterakan keberagaman karateristik individu di rumah dan sekolah


KELAS: II

KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
1.           Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
1.1       Menerima keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan beragama, suku bangsa, ciri-ciri fisik, psikis, dan hobby sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah
1.2       Menerima kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah
2.           Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman , dan guru
2.1       Menunjukkan perilaku toleransi, kasih sayang, jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru sebagai perwujud an moral Pancasila
2.2       Menunjukkan perilaku patuh pada tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan sekolah
2.3       Menunjukkan perilaku toleran terhadap keberagaman karakteristik individu, dalam kehidupan beragama, suku, fisik, dan psikis di rumah dan sekolah
3.           Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan mencoba [mendengar, melihat, membaca] serta menanya berdasarkan rasa ingin tahu secara kritis tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan sekolah.
3.1       Mengenal simbol-simbol sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila
3.2       Memahami tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan sekolah
3.3       Memahami makna keberagaman karakteristik individu di rumah dan di sekolah
3.4       Memahami arti bersatu dalam keberagaman di rumah dan sekolah
4.           Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
1.1       Mengamati dan menceritakan perilaku di sekitar rumah dan sekolah dan mengaitkannya dengan pengenalannya terhadap beberapa simbol sila Pancasila
1.2       Melaksanakan tata tertib dan aturan di lingkungan keluarga dan sekolah
1.3       Berinteraksi dengan beragam teman di lingkungan rumah dan sekolah
1.4       Bermain peran tentang bersatu dalam keberagaman di lingkungan rumah dan sekolah


KELAS: III

KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
1.           Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
1.1       Menerima keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan beragama, suku bangsa, ciri-ciri fisik, psikis, dan hobby sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah
1.2       Menghargai kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah
2.           Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman,tetangga dan guru
2.1       Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, kasih sayang, percaya diri, berani mengakui kesalahan, meminta maaf dan memberi maaf di rumah dan sekolah dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru, sebagai perwujudan moral Pancasila
2.2       Menunjukkan perilaku patuh pada tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah sekolah dan masyarakat sekitar
2.3       Menunjukkan perilaku kerja sama dalam keberagaman di rumah, sekolah dan masyarakat sekitar
3.           Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan mencoba [mendengar, melihat, membaca] serta menanya berdasarkan rasa ingin tahu secara kritis tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain
3.1       Memahami simbol-simbol sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila”
3.2       Mengetahui hak dan kewajiban sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan di sekolah
3.3       Memahami makna keberagaman karakteristik individu di rumah, sekolah dan masyarakat
3.4       Mengetahui arti bersatu dalam keberagaman di rumah, sekolah dan masyarakat
4.           Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
4.1       Mengamati dan menceritakan perilaku di sekitar rumah dan sekolah dan mengaitkan dengan pemahamannya terhadap simbol sila-sila Pancasila
4.2       Melaksanakan kewajiban sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan sekolah
4.3       Berinteraksi dengan beragam orang di lingkungan rumah, sekolah, masyarakat
4.4       Mensimulasikan bentuk-bentuk kebersatuan dalam keberagaman di rumah, sekolah dan masyarakat


KELAS: IV

KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
1.           Menerima, menghargai, dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
1.1       Menghargai kebhinneka-tunggalikaan dan keragaman agama, suku bangsa, pakaian tradisional, bahasa, rumah adat, makanan khas, upacara adat, sosial, dan ekonomi di lingkungan rumah, sekolah dan masyarakat sekitar
1.2       Menghargai kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah  Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah, sekolah dan masyarakat sekitar
2.           Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, tetangga, dan guru
2.1       Menunjukkan perilaku, disiplin, tanggung jawab, percaya diri, berani mengakui kesalahan, meminta maaf dan memberi maaf sebagaimana dicontohkan tokoh penting yang berperan dalam perjuangan menentang penjajah hingga kemerdekaan Republik Indonesia sebagai perwujudan nilai dan moral Pancasila
2.2       Menunjukkan perilaku yang sesuai dengan  hak dan kewajiban di rumah, sekolah dan masyarakat sekitar
2.3       Menunjukkan perilaku sesuai dengan hak dan kewajiban sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari di rumah sekolah dan masyarakat sekitar
2.4       Menunjukkan perilaku bersatu sebagai wujud keyakinan bahwa tempat tinggal dan lingkungannya sebagai bagian dari wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)
3.           Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan mencoba [mendengar, melihat, membaca] serta menanya berdasarkan rasa ingin tahu secara kritis tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain
3.1       Memahami makna dan keterkaiatan simbol-simbol sila Pancasila dalam memahami Pancasila secara utuh
3.2       Memahami hak dan kewajiban sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari di rumah, sekolah dan masyarakat
3.3       Memahami manfaat keberagaman karakteristik individu di rumah, sekolah dan masyarakat
3.4       Memahami arti bersatu dalam keberagaman di rumah, sekolah dan masyarakat
3.5       Memahami Nilai-nilai Persatuan pada masa Hindu Buddha
3.6       Memahami keberagaman alam dan sumber daya di berbagai daerah
4.           Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
4.1       Mengamati dan menceritakan perilaku di sekitar rumah dan sekolah dari sudut pandang kelima simbol Pancasila sebagai satu kesatuan yang utuh
4.2       Melaksanakan kewajiban sebagai warga di lingkungan rumah, sekolah dan masyarakat
4.3       Bekerjasama dengan teman dalam keberagaman di lingkungan rumah, sekolah, dan masyarakat
4.4       Mengelompokkan kesamaan identitas suku bangsa (pakaian tradisional, bahasa, rumah adat, makanan khas, dan upacara adat), sosial ekonomi (jenis pekerjaan orang tua) di lingkungan rumah, sekolah dan masyarakat sekitar
4.5       Mensimulasikan nilai-nilai persatuan pada masa Hindu Buddha dalam kehidupan di masyarakat
4.6       Memetakan keberagaman sumber daya alam di berbagai daerah untuk menumbuhkan kebanggaan nasional


KELAS: V

KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
1.           Menerima, menghargai, dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
1.1     Menghargai semangat kebhinnekatunggalikaan dan keragaman agama, suku bangsa pakaian tradisional, bahasa, rumah adat, makanan khas, upacara adat, sosial, dan ekonomi dalam kehidupan bermasyarakat
1.2       Menghargai kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa dalam kehidupan bermasyarakat dan berbangsa
2.           Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, percaya diri, dan cinta tanah air dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, tetangga, dan guru
2.1       Menunjukkan perilaku, disiplin, tanggung jawab, percaya diri, berani mengakui kesalahan, meminta maaf dan memberi maaf yang dijiwai keteladanan pahlawan kemerdekaan RI dalam semangat perjuangan, cinta tanah air, dan rela berkorban sebagai perwujudan nilai dan moral Pancasila
2.2       Menunjukkan perilaku sesuai hak dan kewajiban  dalam bidang sosial, ekonomi, budaya, hukum sebagai warganegara dalam kehidupan sehari-hari sesuai Pancasila dan UUD 1945
2.3       Menunjukkan penghargaan terhadap proses pengambilan keputusan atas dasar musyawarah mufakat
2.4       Menunjukkan perilaku cinta tanah air Indonesia dalam kehidupan di rumah, sekolah, dan masyarakat
3.           Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati dan mencoba [mendengar, melihat, membaca] serta menanya berdasarkan rasa ingin tahu secara kritis tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain
3.1       Memahami nilai simbol-simbol Pancasila dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan di sekolah
3.2       Memahami hak kewajiban dan tanggungjawab sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari di rumah, dan sekolah
3.3       Memahami keanekaragaman sosial, budaya dan ekonomi dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika di lingkungan rumah sekolah dan masyarakat
3.4       Memahami nilai-nilai persatuan dan kesatuan di rumah, sekolah dan masyarakat
3.5       Memahami Nilai-nilai Persatuan pada masa Islam
3.6       Memahami perlunya saling memenuhi keperluan hidup

4.           Menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
4.1       Mengamati dan menceritakan perilaku di sekitar rumah, sekolah dan masyarakat yang mencerminkan pengamalan nilai-nilai kelima  sila Pancasila dalam  kehidupan sehari-hari
4.2       Melaksanakan kewajiban dan menegakkan aturan di lingkungan rumah, dan sekolah
4.3       Membantu masyarakat dalam melaksanakan suatu kegiatan di lingkungan rumah, sekolah, dan masyarakat tanpa membedakan agama, suku bangsa, dan sosial ekonomi
4.4       Menerapkan nilai-nilai persatuan dan kesatuan di rumah, sekolah dan masyarakat
4.5       Mensimulasikan nilai-nilai persatuan pada masa Islam dalam kehidupan di masyarakat
4.6       Menyajikan dinamika saling memenuhi keperluan hidup antar daerah untuk menumbuhkan keutuhan nasional


KELAS: VI


KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
1.           Menerima, menghargai, dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
1.1       Menghargai semangat kebhinnekatunggalikaan dan keragaman agama, suku bangsa, pakaian tradisional, bahasa, rumah adat, makanan khas, dan upacara adat, sosial, dan ekonomi dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara
1.2       Menghargai kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara
2.           Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, percaya diri, dan cinta tanah air dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, tetangga, dan guru
2.1       Menunjukkan perilaku bertanggungjawab dan rela berkorban dalam keluarga, sekolah dan lingkungan sebagai perwujudan nilai dan moral Pancasila
2.2       Menunjukkan perilaku patuh terhadap tata tertib, dan aturan  sesuai dengan tata urutan peraturan perundang-undangan Indonesia
2.3       Menunjukkan penghargaan terhadap proses pengambilan keputusan dan komitmen menjalankan hasil musyawarah mufakat
2.4       Menunjukkan perilaku bangga sebagai bangsa Indonesia
3.           Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati dan mencoba [mendengar, melihat, membaca] serta menanya berdasarkan rasa ingin tahu secara kritis tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain
3.1       Memahami moralitas yang terkandung dalam sila Pancasila di rumah, sekolah, dan lingkungan masyarakat sekitar
3.2       Memahami hak, kewajiban dan tanggungjawab sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari di rumah, sekolah, dan masyarakat sekitar
3.3       Memahami manfaat keanekaragaman sosial, budaya dan ekonomi dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika yang ada di Indonesia
3.4       Memahami nilai-nilai persatuan dan kesatuan bangsa dalam kesatuan pemerintahan, wilayah, sosial, dan budaya
3.5       Memahami Nilai-nilai Persatuan pada masa penjajahan, pergerakan nasional dan kemerdekaan
3.6       Memahami saling ketergantungan dalam membangun kehidupan kebangsaan
4.           Menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
4.1       Memberikan contoh pelaksanaan nilai-nilai dan moral Pancasila dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan   keluarga, sekolah, dan masyarakat
4.2       Melaksanakan kewajiban menegakkan aturan dan menjaga ketertiban di lingkungan rumah, sekolah dan masyarakat
4.3       Melaporkan secara lisan dan tulisan keterlibatan kerja sama dengan anggota masyarakat yang beragam dalam melaksana kan kegiatan di lingkungan rumah, sekolah, dan masyarakat
4.4        Menerapkan nilai-nilai persatuan dan kesatuan dalam pemerintahan, wilayah, sosial, dan budaya
4.5       Menerapkan nilai-nilai persatuan dan kesatuan pada masa penjajahan, pergerakan nasional dan kemerdekaan dalam kehidupan sehari-hari
4.6       Menyajikan realita keberagaman untk mendorong saling ketergantungan dalam membangun dan mengokohkan kehidupan kebangsaan

No comments:

Post a Comment