KOMPETENSI
INTI DAN KOMPETENSI DASAR
PENDIDIKAN
AGAMA KHONGHUCU DAN BUDI PEKERTI
SEKOLAH
DASAR (SD)
KELAS: I
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1.
Menerima dan
menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
|
1.1
Meyakini bahwa orang
tua adalah wali Tian bagi anaknya
1.2
Meyakini
tanda-tanda gaib ( Gan Sheng)
menjelang kelahiran Nabi Kongzi
|
2.
Memiliki perilaku
jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam
berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
|
2.1
Mencontoh teladan
Nabi Kongzi semasa kecil (rajin belajar, sikap hormat kepada Tian)
2.2
Membiasakan berdoa
pagi-sore, sebelum makan dan menjelang
tidur
2.3
Menghormati orang
tua sebagai wujud hormat kepada Tian
2.4
Membiasakan bersyukur
dan berterima kasih terhadap pemberian yang diterima.
|
3.
Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan
menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan
dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
|
3.1
Menyebutkan
istilah sebutan Tian dalam agama Khonghucu
3.2
Menunjukkan
ciptaan-ciptaan Tian
3.3
Menceritakan keluarga
Kong Shu Lianghe
sebelum kelahiran Nabi Kongzi dan
kekhusyukan ibu Yan Zhengzai dalam bersembahyang kehadirat Tian
3.4
Menyebutkan orang
tua dan saudara Nabi Kongzi
3.5
Menceritakan
kebiasaan Nabi Kongzi semasa kecil
3.6
Menjelaskan makna
sikap Delapan Kebajikan (bade)
3.7
Menyebutkan makna
sembahyang dan doa
3.8
Menyebutkan
sembahyang dan berdoa kepadaTuhan, Nabi, dan leluhur
3.9
Mengemukakan
nilai- nilai penghormatan terhadap Tuhan,Nabi Kongzi, dan leluhur yang
terdapat dalam lagu yang dinyanyikan
3.10
Memahami bahwa
manusia diciptakan Tian melalui
kedua orang tua
3.11
Menjelaskan manfaat segala ciptaan Tuhan bagi kehidupan
manusia.
|
4.
Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang
estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
|
4.1
Menyanyikan
lagu-lagu rohani yang berkaitan dengan kebesaran Tuhan, Nabi Kongzi dan
kebajikan
4.2
Mempraktikkan
sikap Delapan Kebajikan ( bade) di
lingkungan rumah dan sekolah.
4.3 Menyanyikan lagu-lagu rohani yang
berkaitan dengan kebesaran kepada Tuhan, Nabi Kongzi, dan leluhur.
|
KELAS: II
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1.
Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
|
1.1 Meyakini sikap mau mengalah adalah
benih karunia Tian dalam diri manusia yang harus dikembangkan dalam kehidupan
ini
|
2.
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam
berinteraksi dengan keluarga, teman,
dan guru.
|
2.1
Bertutur kata
santun dan jujur kepada saudara
2.2
Menunjukkan sikap
hormat kepada guru
2.3
Menunjukkan sikap
peduli dan menolong kepada teman
2.4
Menunjukkan sikap
mau mengalah dan membantu kepada saudara dan orang yang lebih tua
2.5
Menunjukkan sikap
tanggung jawab terhadap kebutuhan diri sendiri
|
3.
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
[mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah dan di sekolah
|
3.1
Meneladani sikap
bakti, suka mengalah & menolong dari tokoh Rujiao
3.2
Memahami makna
keluarga inti, tugas dan kewajiban masing-masing anggota keluarga
3.3
Menceritakan
jasa-jasa orang tua dalam memberikan perawatan dan bimbingan
3.4
Memahami hubungan
persaudaraan dengan keluarga besar ayah dan ibu
3.5
Mengemukakan
nilai-nilai berkaitan dengan keteladanan Nabi Kongzi dan semangat belajar
yang terdapat dalam lagu yang dinyanyikan
3.6
Mengetahui fungsi
dan macam-macam dupa (xiang)
3.7
Menjelaskan cara
menggunakan dupa (xiang) sesuai
dengan keperluannya
3.8
Mengemukakan
nilai-nilai berkaitan dengan keteladanan Nabi Kongzi dan semangat belajar
terdapat dalam lagu yang dinyanyikan
|
4.
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan
logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat,
dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak
mulia
|
1.1
Menyanyikan lagu-lagu
berkaitan dengan keteladanan Nabi Kongzi dan semangat belajar
1.2
Melafalkan ayat-ayat
suci dari kitab Si Shu
1.3
Melakukan/mempraktekkan
hormat dengan Bai (merangkap tangan) sesuai dengan tingkatan dan
keperluaannya
1.4
Melakukan
/mempraktekkan hormat dengan membungkukkan badan (Ju Gong)
1.5
Melakukan
/mempraktek-kan hormat dengan berlutut (Gui)
1.6
Mendemonstrasikan
sembahyang dengan menggunakan dupa (Xiang)
|
KELAS: III
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1.
Menerima dan
menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
|
1.1
Meyakini delapan keimanan sebagai landasan keimanan umat Khonghucu
1.2
Menyakini tanda-tanda khusus (gaib) menjelang wafat Nabi Kongzi
|
2.
Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun,
peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, tetangga,
dan guru
|
2.1
Meneladani perilaku luhur Nabi Kongzi dalam kesehariannya
2.2
Meneladani kesukaan
dan ketidaksukaan Nabi Kongzi
2.3
Meneladani
perilaku luhur murid-murid Nabi Kongzi
2.4
Menunjukkan sikap
menghargai waktu
2.5
Menunjukkan sikap
lembut dan penuh perhitungan
|
3.
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
[mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain
|
3.1
Menyebutkan poin-poin delapan
keimanan
3.2
Menyebutkan
perlengkapan yang ada pada altar di Litang/Miao
3.3
Mengidentifikasikan
peralatan (piranti) yang ada pada altar.
3.4
Menyebutkan fungsi
dari setiap peralatan (Piranti) yang ada pada altar
3.5
Mengemukakan
nilai-nilai keteladanan Nabi Kongzi yang terdapat dalam lagu yang
dinyanyikan.
3.6
Menceritakan
murid-murid utama Nabi Kongzi (Yan Hui , Zi Lu , Zi Gong, Zheng
Zi)
3.7
Menceritakan masa kecil kehidupan Mengzi
3.8
Menyebutkan prinsip- prinsip moral yang ditegakkan kembali oleh Mengzi
tentang Watak Sejati manusia
|
4.
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan
logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak
beriman dan berakhlak mulia
|
1.1
Melafalkan poin-poin delapan pengakuan iman sesuai bahasa kitab.
1.2
Menyusun peralatan
dan perlengkapan sembahyang di altar.
1.3
Menyanyikan lagu-lagu berkaitan dengan kelahiran Nabi
Kongzi, dan pedoman hidup
|
KELAS: IV
KOMPETENSI
INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1.
Menerima, menghargai, dan
menjalankan ajaran agama yang dianutnya
|
1.1
Meyakini Wahyu Tian yang diterima oleh para nabi dan raja suci
1.2
Meyakini bahwa
nabi Kongzi adalah utusan Tian
(Genta Rohani Tian )
|
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman,
tetangga, dan guru
|
2.1
Menunjukkan
perilaku sesuai dengan Delapan Kebajikan (Ba
De)
2.2
Menunjukkan
semangat intropekasi dan memperbaiki diri
|
3.
Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan
menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan
dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan
tempat bermain
|
3.1
Mengenal Raja Suci Tang Yao
3.2
Mengenal Raja Suci
Yu Shun.
3.3
Mengemukakan
teladan Raja Suci Tang Yao dan Raja Suci Yu Shun
3.4
Menceritakan alasan
Nabi Kongzi meninggalkan negeri Lu
3.5
Menjelaskan tujuan
pengembaraan Nabi Kongzi
3.6
Mengetahui bentuk-bentuk visual kitab suci yang mendasari (Wu Jing)
3.7
Menyebutkan bagian dari kitab suci yang
mendasari (Wu Jing)
3.8
Menjelaskan makna
sikap Ba De
3.9
Mengemukakan nilai-nilai
pedoman/tuntunan dan semangat hidup yang terdapat dalam lagu yang
dinyanyikan.
3.10Menceritakan kisah nabi purba dan raja suci penerima Wahyu Tian dan karya-karya yang
ditemukan-Nya
3.11Mengemukakan nilai-nilai pedoman/ tuntunan dan semangat hidup yang terdapat
dalam lagu yang dinyanyikan.
3.12Menjelaskan penting sikap dapat dipercaya dalam hidup
|
4.
Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam
karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan
yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
|
4.1
Menyanyikan lagu-lagu
berkaitan dengan pedoman/ tuntunan dan semangat hidup
4.2
Menyanyikan lagu-lagu
berkaitan dengan pedoman/ tuntunan dan semangat hidup
|
KELAS: V
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1.
Menerima, menghargai, dan
menjalankan ajaran agama yang dianutnya
|
1.1 Meyakini
bahwa sembahyang adalah pokok dari agama
|
2.
Memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, percaya diri, dan
cinta tanah air dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, tetangga, dan guru.
|
2.1 Menunjukkan sikap mencintai sesama
2.2 Menunjukkan pribadi yang luhur
|
3.
Memahami
pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati dan mencoba
[mendengar, melihat, membaca] serta menanya berdasarkan rasa ingin tahu
secara kritis tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan
benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain
|
3.1
Menceritakan
kisah kebijaksanaan ibu Mengzi
3.2
Menceritakan kisah
kebijaksanaan ibu Ouyang Xiu
3.3
Menceritakan kebijaksanaan ibu Yue Fei
3.4
Menjelaskan nilai
nilai peringatan hari raya persembahyangan kepada Tian dan leluhur
3.5
Mengenal Dong Zhong Shu
3.6
Mengemukakan nilai
nilai sumbangsih pikiran Dong Zhong Shu
3.7
Mengenal Zhu Xi
tokoh besar Neo Confucianisme
3.8
Mengemukakan
nilai-nilai sumbangsih pikiran Zhu Xi.
3.9
Menjelaskan tentang
hari raya/ sembahyang Qing Ming.
3.10
Menjelaskan
tentang hari persaudaraan
3.11
Menjelaskan
tentang hari raya Xin Chun (tahun
baru Khongzi-li)
3.12
Menjelaskan
tentang sembahyang Jing Tian Gong
3.13
Menjelaskan
tentang sembahyang Duan Yang
3.14
Menjelaskan
tentang sembahyang Dong Zhi
3.15
Menjelaskan
tentang sembahyang Zhong Qiu
3.16
Menjelaskan
nilai-nilai persembahyangan kepada Tian
dan Leluhur
3.17
Menjelaskan Nenek
Moyang Nabi Kongzi dan keturunannya
3.18
Menjelaskan urutan
pelaksanaan kebaktian di Litang/Kelenteng/Miao
|
4.
Menyajikan
pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas dan logis dan
sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak
sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak
mulia
|
1.1
Menyanyikan lagu-lagu berkaitan dengan hari
raya/sembahyang kepada Tuhan dan Leluhur
|
KELAS: VI
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1.
Menerima, menghargai, dan
menjalankan ajaran agama yang dianutnya
|
1.1
Meyakini
sifat-sifat Tian yang Yuan, Heng, Li, Zhen
|
2.
Memiliki perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, percaya diri, dan cinta tanah air
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, tetangga, dan guru
|
2.1 Menunjukkan semangat belajar dalam
keseharian
|
3.
Memahami pengetahuan faktual dan
konseptual dengan cara mengamati dan mencoba [mendengar, melihat, membaca]
serta menanya berdasarkan rasa ingin tahu secara kritis tentang dirinya,
makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di
rumah, sekolah, dan tempat bermain
|
3.1 Menjelaskan konsep Tiga Dasar Kenyataan (Sancai)
3.2 Menjelaskan hubungan/keterkaitan Tian,
Di, Ren
3.3 Memahami Ren, Yi, Li, Zhi, sebagai perwujudan sifat Tian dalam diri manusia
3.4 Mengungkapkan nilai nilai yang berkaitan dengan kebesaran Tian
dan pedoman/ tuntunan hidup
3.5 Menjelaskan
ajaran empat pantangan (Si Wu)
3.6 Menjelaskan
ajaran lima mutiara kebajikan (Wu Chang)
3.7 Menjelaskan
ajaran Lima Hubungan Kemasyarakatan (Wu
Lun)
3.8 Menyebutkan ayat-ayat suci tentang
belajar
3.9 Menjelaskan pentingnya mengamalkan
ilmu yang dipelajari
3.10 Menjelaskan sejarah lahirnya
organisasi/ kelembagaan Khonghucu di Indonesia
3.11 Menjelaskan
sejarah dan perkembangan organisasi
MATAKIN di Indonesia
3.12 Menjelaskan peran
dan fungsi Dewan Rohaniwan MATAKIN
3.13 Menjelaskan tugas
dan kewajiban seorang rohaniwan
3.14 Mengungkapkan nilai-nilai keteladanan yang terdapat dalam lagu MATAKIN
yang dinyanyikan
3.15 Menjelaskan arti iman berdasarkan karakter huruf
3.16 Menyebutkan pengakuan iman yang pokok umat Khonghucu (Cheng Xin Zhi Zhi)
|
4.
Menyajikan pengetahuan faktual
dan konseptual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya
yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan
yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
|
1.1 Menyanyikan lagu-lagu berkaitan
dengan kebesaran Tian dan pedoman/tuntunan
hidup
1.2 Menyanyikan lagu-lagu yang berkaitan dengan berkaitan
nilai dan Organisasi MATAKIN
1.3 Menyusun perlengkapan (piranti) pada
altar kebaktian di Litang/Miao
|
KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR
PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN (PPKn)
SEKOLAH DASAR (SD)/MADRASAH IBTIDAIYAH (MI)
KELAS: I
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1.
Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
|
1.1
Menerima keberagaman
karakteristik individu dalam kehidupan beragama sebagai anugerah Tuhan Yang
Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah
1.2
Menerima kebersamaan dalam
keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan
rumah dan sekolah
|
2.
Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan
percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru
|
2.1 Menunjukkan perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman,
dan guru sebagai perwujudan nilai dan moral Pancasila
2.2 Menunjukkan perilaku patuh pada tata tertib
dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan sekolah
2.3 Menunjukkan
perilaku kebersamaan dalam keberagaman di rumah dan sekolah
|
3.
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar,
melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya,
makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di
rumah, dan di sekolah.
|
3.1
Mengenal simbol-simbol sila Pancasila dalam
lambang negara “Garuda Pancasila”
3.2
Mengenal tata tertib dan aturan yang berlaku
dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan sekolah
3.3
Mengenal keberagaman karateristik individu di
rumah dan di sekolah
3.4 Mengenal
arti bersatu dalam keberagaman di rumah dan sekolah
|
4.
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dalam
karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam
tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
|
4.1 Mengamati dan menceritakan perilaku di sekitar
rumah dan sekolah dan mengaitkannya dengan pengenalannya terhadap salah satu
simbol sila Pancasila
4.2 Melaksanakan
tata tertib di rumah dan sekolah
4.3 Mengamati dan menceriterakan kebersamaan dalam
keberagaman di rumah dan sekolah
4.4 Mengamati
dan menceriterakan keberagaman karateristik individu di rumah dan sekolah
|
KELAS: II
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1.
Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
|
1.1 Menerima keberagaman
karakteristik individu dalam kehidupan beragama, suku bangsa, ciri-ciri fisik,
psikis, dan hobby sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah
dan sekolah
1.2 Menerima kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha
Esa di
lingkungan rumah dan sekolah
|
2.
Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli,
percaya diri
dalam berinteraksi
dengan keluarga, teman , dan guru
|
2.1 Menunjukkan perilaku toleransi, kasih sayang, jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru sebagai perwujud an
moral Pancasila
2.2 Menunjukkan perilaku patuh pada
tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan
sekolah
2.3 Menunjukkan
perilaku toleran terhadap keberagaman karakteristik individu, dalam kehidupan beragama, suku, fisik, dan psikis di rumah dan
sekolah
|
3.
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan mencoba [mendengar,
melihat, membaca] serta menanya berdasarkan rasa ingin tahu secara kritis
tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah dan sekolah.
|
3.1 Mengenal simbol-simbol sila Pancasila dalam
lambang negara “Garuda Pancasila
3.2 Memahami tata tertib dan aturan yang berlaku
dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan sekolah
3.3 Memahami makna keberagaman karakteristik
individu di rumah dan di sekolah
3.4 Memahami arti bersatu dalam keberagaman di
rumah dan sekolah
|
4.
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dalam
karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat dan dalam
tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
|
1.1 Mengamati dan menceritakan perilaku di sekitar
rumah dan sekolah dan mengaitkannya dengan pengenalannya terhadap beberapa
simbol sila Pancasila
1.2 Melaksanakan tata tertib dan aturan di
lingkungan keluarga dan sekolah
1.3 Berinteraksi
dengan beragam teman di lingkungan rumah dan sekolah
1.4 Bermain
peran tentang bersatu dalam keberagaman
di lingkungan rumah dan sekolah
|
KELAS: III
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1.
Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
|
1.1 Menerima keberagaman karakteristik individu dalam
kehidupan beragama, suku bangsa, ciri-ciri fisik, psikis, dan hobby sebagai
anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah
1.2 Menghargai kebersamaan dalam
keberagaman sebagai anugerah Tuhan Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah
|
2.
Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, percaya
diri
dalam berinteraksi
dengan keluarga, teman,tetangga dan guru
|
2.1 Menunjukkan perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, kasih sayang, percaya diri, berani
mengakui kesalahan, meminta maaf dan memberi maaf di rumah dan sekolah dalam
berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru, sebagai perwujudan moral
Pancasila
2.2 Menunjukkan perilaku patuh pada
tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah
sekolah dan masyarakat sekitar
2.3 Menunjukkan perilaku kerja sama dalam
keberagaman di rumah, sekolah dan masyarakat sekitar
|
3.
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan mencoba
[mendengar, melihat, membaca] serta menanya berdasarkan rasa ingin tahu
secara kritis tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan
benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain
|
3.1 Memahami simbol-simbol sila Pancasila dalam
lambang negara “Garuda Pancasila”
3.2 Mengetahui hak dan kewajiban sebagai warga
dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan di sekolah
3.3 Memahami makna keberagaman karakteristik
individu di rumah, sekolah dan masyarakat
3.4 Mengetahui arti bersatu dalam keberagaman di
rumah, sekolah dan masyarakat
|
4.
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan
sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak
sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan
berakhlak mulia
|
4.1 Mengamati dan menceritakan perilaku di sekitar
rumah dan sekolah dan mengaitkan dengan pemahamannya terhadap simbol sila-sila
Pancasila
4.2 Melaksanakan kewajiban sebagai warga dalam
kehidupan sehari-hari di rumah dan sekolah
4.3 Berinteraksi dengan beragam orang di
lingkungan rumah, sekolah, masyarakat
4.4 Mensimulasikan bentuk-bentuk kebersatuan dalam
keberagaman di rumah, sekolah dan masyarakat
|
KELAS: IV
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1.
Menerima, menghargai, dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
|
1.1
Menghargai kebhinneka-tunggalikaan dan keragaman agama, suku bangsa,
pakaian tradisional, bahasa, rumah adat, makanan khas, upacara adat, sosial,
dan ekonomi di lingkungan rumah, sekolah dan masyarakat sekitar
1.2
Menghargai kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah, sekolah
dan masyarakat sekitar
|
2.
Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, percaya
diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, tetangga, dan guru
|
2.1 Menunjukkan perilaku, disiplin,
tanggung jawab, percaya diri, berani mengakui kesalahan, meminta maaf dan
memberi maaf sebagaimana dicontohkan tokoh penting yang berperan dalam perjuangan menentang penjajah hingga
kemerdekaan Republik Indonesia sebagai perwujudan nilai dan moral Pancasila
2.2 Menunjukkan perilaku yang sesuai dengan hak dan kewajiban di rumah, sekolah dan
masyarakat sekitar
2.3 Menunjukkan perilaku sesuai
dengan hak dan kewajiban sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari di rumah sekolah dan masyarakat sekitar
2.4 Menunjukkan perilaku bersatu sebagai wujud
keyakinan bahwa tempat tinggal dan lingkungannya sebagai bagian dari wilayah
Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)
|
3.
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan mencoba
[mendengar, melihat, membaca] serta menanya berdasarkan rasa ingin tahu
secara kritis tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan
benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain
|
3.1 Memahami makna dan keterkaiatan simbol-simbol
sila Pancasila dalam memahami Pancasila secara utuh
3.2 Memahami hak dan kewajiban sebagai warga dalam
kehidupan sehari-hari di rumah, sekolah dan masyarakat
3.3 Memahami manfaat keberagaman karakteristik
individu di rumah, sekolah dan masyarakat
3.4 Memahami arti bersatu dalam keberagaman di
rumah, sekolah dan masyarakat
3.5 Memahami Nilai-nilai Persatuan pada masa Hindu
Buddha
3.6 Memahami keberagaman alam dan sumber daya di
berbagai daerah
|
4.
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan
sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak
sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan
berakhlak mulia
|
4.1 Mengamati dan menceritakan perilaku di sekitar
rumah dan sekolah dari sudut pandang kelima simbol Pancasila sebagai satu
kesatuan yang utuh
4.2 Melaksanakan kewajiban sebagai warga di lingkungan rumah, sekolah dan masyarakat
4.3 Bekerjasama dengan teman dalam keberagaman
di lingkungan rumah, sekolah, dan masyarakat
4.4 Mengelompokkan kesamaan identitas suku bangsa (pakaian tradisional, bahasa, rumah adat,
makanan khas, dan upacara adat), sosial ekonomi (jenis pekerjaan orang tua)
di lingkungan rumah, sekolah dan masyarakat sekitar
4.5 Mensimulasikan nilai-nilai persatuan pada masa
Hindu Buddha dalam kehidupan di masyarakat
4.6 Memetakan keberagaman sumber daya alam di
berbagai daerah untuk menumbuhkan kebanggaan nasional
|
KELAS: V
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1.
Menerima, menghargai, dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
|
1.1 Menghargai semangat kebhinnekatunggalikaan dan
keragaman agama, suku bangsa pakaian tradisional, bahasa, rumah adat, makanan
khas, upacara adat, sosial, dan ekonomi dalam kehidupan bermasyarakat
1.2 Menghargai kebersamaan dalam keberagaman
sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa dalam kehidupan bermasyarakat dan
berbangsa
|
2.
Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli,
percaya diri, dan cinta tanah air dalam berinteraksi dengan keluarga, teman,
tetangga, dan guru
|
2.1 Menunjukkan perilaku, disiplin,
tanggung jawab, percaya diri, berani mengakui kesalahan, meminta maaf dan
memberi maaf yang dijiwai keteladanan pahlawan kemerdekaan RI dalam
semangat perjuangan, cinta tanah air, dan rela berkorban sebagai perwujudan nilai dan moral
Pancasila
2.2 Menunjukkan perilaku sesuai hak dan
kewajiban dalam bidang sosial,
ekonomi, budaya, hukum sebagai warganegara dalam kehidupan sehari-hari sesuai
Pancasila dan UUD 1945
2.3 Menunjukkan penghargaan terhadap proses
pengambilan keputusan atas dasar musyawarah mufakat
2.4 Menunjukkan perilaku cinta tanah air Indonesia dalam kehidupan di rumah, sekolah,
dan masyarakat
|
3.
Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati dan
mencoba [mendengar, melihat, membaca] serta menanya berdasarkan rasa ingin
tahu secara kritis tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya,
dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain
|
3.1 Memahami nilai simbol-simbol Pancasila
dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan di sekolah
3.2 Memahami hak kewajiban dan tanggungjawab sebagai warga dalam
kehidupan sehari-hari di rumah, dan sekolah
3.3 Memahami keanekaragaman sosial, budaya dan
ekonomi dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika di lingkungan rumah sekolah dan
masyarakat
3.4 Memahami nilai-nilai persatuan dan kesatuan di
rumah, sekolah dan masyarakat
3.5 Memahami Nilai-nilai Persatuan pada masa Islam
3.6 Memahami perlunya saling memenuhi keperluan
hidup
|
4.
Menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas
dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak
beriman dan berakhlak mulia
|
4.1 Mengamati dan menceritakan perilaku di sekitar
rumah, sekolah dan masyarakat yang mencerminkan pengamalan nilai-nilai
kelima sila Pancasila dalam kehidupan sehari-hari
4.2 Melaksanakan kewajiban dan menegakkan aturan
di lingkungan rumah, dan sekolah
4.3 Membantu masyarakat dalam melaksanakan
suatu kegiatan di lingkungan rumah, sekolah, dan masyarakat tanpa membedakan
agama, suku bangsa, dan sosial ekonomi
4.4 Menerapkan nilai-nilai persatuan dan kesatuan
di rumah, sekolah dan masyarakat
4.5 Mensimulasikan nilai-nilai persatuan pada masa
Islam dalam kehidupan di masyarakat
4.6 Menyajikan dinamika saling memenuhi
keperluan hidup antar daerah untuk menumbuhkan keutuhan nasional
|
KELAS:
VI
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1.
Menerima, menghargai, dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
|
1.1 Menghargai semangat kebhinnekatunggalikaan dan
keragaman agama, suku bangsa, pakaian tradisional, bahasa, rumah adat,
makanan khas, dan upacara adat, sosial, dan ekonomi dalam kehidupan
bermasyarakat, berbangsa dan bernegara
1.2 Menghargai kebersamaan dalam keberagaman
sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa
dan bernegara
|
2.
Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli,
percaya diri, dan cinta tanah air dalam berinteraksi dengan keluarga, teman,
tetangga, dan guru
|
2.1 Menunjukkan perilaku bertanggungjawab dan rela
berkorban dalam keluarga, sekolah dan lingkungan sebagai perwujudan nilai dan moral
Pancasila
2.2 Menunjukkan perilaku patuh terhadap tata
tertib, dan aturan sesuai dengan tata
urutan peraturan perundang-undangan Indonesia
2.3 Menunjukkan penghargaan terhadap proses
pengambilan keputusan dan komitmen menjalankan hasil musyawarah mufakat
2.4 Menunjukkan perilaku bangga sebagai bangsa
Indonesia
|
3.
Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati dan
mencoba [mendengar, melihat, membaca] serta menanya berdasarkan rasa ingin
tahu secara kritis tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya,
dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain
|
3.1 Memahami moralitas yang terkandung dalam
sila Pancasila di rumah, sekolah, dan lingkungan masyarakat sekitar
3.2 Memahami hak, kewajiban dan tanggungjawab sebagai warga dalam
kehidupan sehari-hari di rumah, sekolah, dan masyarakat sekitar
3.3 Memahami manfaat keanekaragaman sosial, budaya
dan ekonomi dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika yang ada di Indonesia
3.4 Memahami nilai-nilai persatuan dan kesatuan
bangsa dalam kesatuan pemerintahan, wilayah, sosial, dan budaya
3.5 Memahami Nilai-nilai Persatuan pada masa
penjajahan, pergerakan nasional dan kemerdekaan
3.6 Memahami saling ketergantungan dalam membangun
kehidupan kebangsaan
|
4.
Menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas
dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak
beriman dan berakhlak mulia
|
4.1 Memberikan contoh pelaksanaan nilai-nilai dan
moral Pancasila dalam kehidupan
sehari-hari di lingkungan keluarga, sekolah, dan
masyarakat
4.2 Melaksanakan kewajiban menegakkan aturan dan
menjaga ketertiban di lingkungan rumah, sekolah dan masyarakat
4.3 Melaporkan secara lisan dan tulisan
keterlibatan kerja sama dengan anggota masyarakat yang beragam dalam
melaksana kan kegiatan di lingkungan rumah, sekolah, dan masyarakat
4.4 Menerapkan nilai-nilai persatuan dan
kesatuan dalam pemerintahan, wilayah, sosial, dan budaya
4.5 Menerapkan nilai-nilai persatuan dan kesatuan
pada masa penjajahan, pergerakan nasional dan kemerdekaan dalam kehidupan
sehari-hari
4.6 Menyajikan realita keberagaman untk mendorong
saling ketergantungan dalam membangun dan mengokohkan kehidupan kebangsaan
|
No comments:
Post a Comment