Friday, October 23, 2015

KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM


 


                                                                 







KOMPETENSI DASAR





Sekolah Dasar (SD)/
Madrasah Ibtidaiyah (MI)



















KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
2013


KATA PENGANTAR


Puji dan syukur kami panjatkan ke hadirat Allah SWT atas selesainya penyusunan dokumen Kompetensi Dasar untuk Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah sebagai salah satu perangkat kelengkapan Dokumen Kurikulum 2013. Penyusunan dokumen ini dalam rangka menindaklanjuti program-program prioritas yang tercantum dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional 2010-2014 dan dalam Rencana Strategis Kementerian Pendidikan Nasional 2010-2014.

Selain berisi deskripsi Kompetensi Dasar, dokumen ini berisi pula Kompetensi Inti dan Struktur Kurikulum. Dokumen ini juga memuat berbagai tema yang diintegrasikan dari Kompetensi Dasar berbagai mata pelajaran. Kompetensi Dasar dikembangkan dari Kompetensi Inti, sedangkan pengembangan Kompetensi Inti mengacu pada Struktur Kurikulum. Kompetensi Inti merupakan kompetensi yang mengikat berbagai Kompetensi Dasar ke dalam aspek sikap, keterampilan, dan pengetahuan yang harus dipelajari peserta didik untuk suatu jenjang sekolah, kelas, dan mata pelajaran. Kompetensi Inti harus dimiliki peserta didik untuk setiap kelas melalui pembelajaran Kompetensi Dasar yang diorganisasikan dalam pembelajaran tematik integratif dengan pendekatan pembelajaran siswa aktif. Kompetensi Dasar merupakan kompetensi setiap mata pelajaran untuk setiap kelas.

Penghargaan dan ucapan terimakasih disampaikan kepada Bapak Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Tim Nara Sumber, Tim Pengarah, Tim Internal Kemdikbud, Tim Inti, Tim Teknis, dan Tim Pengembang yang telah meluangkan waktu untuk menulis dan memberikan kontribusi pemikiran yang komprehensif dalam mewujudkan Dokumen Kurikulum 2013 ini. Penghargaan yang sama juga kami sampaikan kepada semua pihak yang telah memberikan masukan baik secara tertulis, melalui media elektronik dan cetak, maupun secara lisan guna penyempurnaan Kurikulum 2013.


Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan



Prof. Dr. Khairil Anwar Notodiputro

DAFTAR ISI
















 Lampiran 9    DAFTAR TEMA DAN ALOKASI WAKTUNYA................................. 131


BAB I

STRUKTUR KURIKULUM SD/MI



PENGERTIAN

Struktur kurikulum menggambarkan konseptualisasi konten kurikulum dalam bentuk mata pelajaran, posisi konten/mata pelajaran dalam kurikulum, dostribusi konten/mata pelajaran dalam semester atau tahun, beban belajar untuk mata pelajaran dan beban belajar per minggu untuk setiap siswa. Struktur kurikulum adalah juga merupakan aplikasi konsep pengorganisasian konten dalam sistem belajar  dan pengorganisasian beban belajar dalam sistem pembelajaran.  Pengorganisasian konten dalam sistem belajar yang digunakan untuk kurikulum yang akan datang adalah sistem semester sedangkan pengorganisasian beban belajar dalam sistem pembelajaran berdasarkan jam pelajaran per semester.

Struktur kurikulum adalah juga gambaran mengenai penerapan prinsip kurikulum mengenai posisi seorang siswa dalam menyelesaikan pembelajaran di suatu satuan atau jenjang pendidikan. Dalam struktur kurikulum menggambarkan ide kurikulum mengenai  posisi belajar seorang siswa yaitu apakah mereka harus menyelesaikan seluruh mata pelajaran yang tercantum dalam struktur ataukah kurikulum memberi kesempatan kepada siswa untuk menentukan berbagai pilihan. Struktur kurikulum terdiri atas sejumlah mata pelajaran, beban belajar, dan kalender pendidikan.

STRUKTUR KURIKULUM SD/MADRASAH IBTIDAIYAH

Struktur Kurikulum SD/MI adalah sebagai berikut:


MATA PELAJARAN
ALOKASI WAKTU BELAJAR
PER MINGGU
I
II
III
IV
V
VI
Kelompok A


1.
Pendidikan Agama dan Budi Pekerti
4
4
4
4
4
4
2.
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
5
6
6
4
4
4
3.
Bahasa Indonesia
8
8
10
7
7
7
4.
Matematika
5
6
6
6
6
6
5.
 Ilmu Pengetahuan Alam
-
-
-
3
3
3
6.
 Ilmu Pengetahuan Sosial
-
-
-
3
3
3
Kelompok B
1.
Seni Budaya dan Prakarya
(termasuk muatan lokal)*
4
4
4
6
6
6
2.
Pendidikan Jasmani, Olah Raga dan Kesehatan
(termasuk muatan lokal)
4
4
4
3
3
3
Jumlah Alokasi Waktu Per Minggu
30
32
34
36
36
36
= Pembelajaran Tematik Integratif

Keterangan:
*Muatan lokal dapat memuat Bahasa Daerah

Kegiatan Ekstra Kurikuler SD/MI antara lain:
-          Pramuka (Wajib)
-          UKS
-          PMR

Kelompok A adalah mata pelajaran yang memberikan orientasi kompetensi lebih kepada aspek kognitif dan afektif sedangkan kelompok B adalah mata pelajaran yang lebih menekankan pada aspek afektif dan psikomotor.

Integrasi Kompetensi Dasar IPA dan IPS didasarkan pada keterdekatan makna dari konten Kompetensi Dasar IPA dan IPS dengan konten Pendidikan Agama dan Budi Pekerti, PPKn, Bahasa Indonesia, Matematika, serta Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan yang berlaku untuk kelas I, II, dan III. Sedangkan untuk kelas IV, V dan VI, Kompetensi Dasar IPA dan IPS berdiri sendiri dan kemudian diintegrasikan ke dalam tema-tema yang ada untuk kelas IV, V dan VI.

BEBAN BELAJAR

Beban belajar dinyatakan dalam jam belajar setiap minggu untuk masa belajar selama satu semester. Beban belajar di SD/MI kelas I, II, dan III masing-masing 30, 32, 34 sedangkan untuk kelas IV, V, dan VI masing-masing 36 jam setiap minggu. Jam belajar SD/MI adalah 35 menit.

Dengan adanya tambahan jam belajar ini dan pengurangan jumlah Kompetensi Dasar, guru memiliki keleluasaan waktu untuk mengembangkan proses pembelajaran yang berorientasi siswa aktif. Proses pembelajaran siswa aktif memerlukan waktu yang lebih panjang dari proses pembelajaran penyampaian informasi karena peserta didik perlu latihan untuk mengamati, menanya, mengasosiasi, dan berkomunikasi. Proses pembelajaran yang dikembangkan menghendaki kesabaran guru dalam mendidik peserta didik sehingga mereka menjadi tahu, mampu dan mau belajar dan menerapkan apa yang sudah mereka pelajari di lingkungan sekolah dan masyarakat sekitarnya. Selain itu bertambahnya jam belajar memungkinkan guru melakukan penilaian proses dan hasil belajar.

BAB II

ORGANISASI KOMPETENSI DASAR

DALAM MATA PELAJARAN



Mata pelajaran adalah unit organisasi Kompetensi Dasar yang terkecil. Untuk kurikulum SD/MI organisasi Kompetensi Dasar kurikulum dilakukan melalui pendekatan  terintegrasi (integrated curriculum). Berdasarkan pendekatan ini maka terjadi reorganisasi Kompetensi Dasar mata pelajaran yang mengintegrasikan konten mata pelajaran IPA dan IPS di kelas I, II, dan III ke dalam mata pelajaran Pendidikan Agama dan Budi Pekerti, PPKn, Bahasa Indonesia, Matematika, serta Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan. Dengan pendekatan ini maka struktur Kurikulum SD/MI menjadi lebih sederhana karena jumlah mata pelajaran berkurang.

Prinsip pengintegrasian IPA dan IPS di kelas I, II, dan III di atas dapat diterapkan dalam pengintegrasian muatan lokal. Kompetensi Dasar muatan lokal yang berkenaan dengan seni, budaya dan keterampilan, serta bahasa daerah diintegrasikan ke dalam mata pelajaran Seni Budaya dan Prakarya. Kompetensi Dasar muatan lokal yang berkenaan dengan olahraga serta permainan daerah diintegrasikan ke dalam mata pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan.

Selain melalui penyederhanaan jumlah mata pelajaran, penyederhanaan dilakukan juga terhadap Kompetensi Dasar setiap mata pelajaran. Penyederhanaan dilakukan dengan menghilangkan Kompetensi Dasar yang tumpang tindih dalam satu mata pelajaran dan antarmata pelajaran, serta Kompetensi Dasar yang dianggap tidak sesuai dengan usia perkembangan psikologis peserta didik.

Di kelas IV, V, dan VI nama mata pelajaran IPA dan IPS tercantum dan memiliki Kompetensi Dasar masing–masing. Untuk proses pembelajaran Kompetensi Dasar IPA dan IPS, sebagaimana Kompetensi Dasar mata pelajaran lain, diintegrasikan ke dalam berbagai tema. Oleh karena itu, proses pembelajaran semua Kompetensi Dasar dari semua mata pelajaran terintegrasi dalam berbagai tema.

 BAB III

KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR



Kompetensi Inti merupakan terjemahan atau operasionalisasi SKL dalam bentuk kualitas yang harus dimiliki mereka yang telah menyelesaikan pendidikan pada satuan pendidikan tertentu atau jenjang pendidikan tertentu, gambaran mengenai kompetensi utama yang dikelompokkan ke dalam aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan (afektif, kognitif, dan psikomotor) yang harus dipelajari peserta didik untuk suatu jenjang sekolah, kelas dan mata pelajaran. Kompetensi Inti harus menggambarkan kualitas yang seimbang antara pencapaian hard skills dan soft skills.

Kompetensi Inti berfungsi sebagai unsur pengorganisasi (organising element) kompetensi dasar. Sebagai unsur pengorganisasi, Kompetensi Inti merupakan pengikat untuk organisasi vertikal dan organisasi horizontal Kompetensi Dasar. Organisasi vertikal Kompetensi Dasar adalah  keterkaitan antara konten Kompetensi Dasar  satu kelas atau jenjang pendidikan ke kelas/jenjang di atasnya sehingga memenuhi prinsip belajar yaitu terjadi suatu akumulasi yang berkesinambungan antara konten yang dipelajari siswa. Organisasi horizontal adalah keterkaitan antara  konten Kompetensi Dasar satu mata pelajaran dengan konten Kompetensi Dasar  dari mata pelajaran yang berbeda dalam satu pertemuan mingguan dan kelas yang sama sehingga terjadi proses saling memperkuat.

Kompetensi Inti dirancang dalam empat kelompok yang saling terkait yaitu berkenaan dengan sikap keagamaan (kompetensi inti 1), sikap sosial (kompetensi 2), pengetahuan (kompetensi inti 3), dan penerapan pengetahuan (kompetensi 4). Keempat kelompok itu menjadi acuan dari Kompetensi Dasar dan harus dikembangkan dalam setiap peristiwa pembelajaran secara integratif. Kompetensi yang berkenaan dengan sikap keagamaan dan sosial dikembangkan secara tidak langsung (indirect teaching) yaitu pada waktu peserta didik belajar tentang pengetahuan (kompetensi kelompok 3) dan penerapan pengetahuan (kompetensi Inti kelompok 4).







Kompetensi Inti SD adalah sebagai berikut:
KOMPETENSI INTI
KELAS I DAN KELAS II
KOMPETENSI  INTI
KELAS  III
1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya

2.      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru
2.      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, tetangga, dan guru.
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, logis, dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.


KOMPETENSI  INTI
KELAS IV
KOMPETENSI  INTI
KELAS V DAN VI
1.      Menerima, menghargai, dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya .
1.      Menerima, menghargai, dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, tetangga, dan guru.
2.      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, percaya diri, dan cinta tanah air dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, tetangga, dan guru.
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
3.      Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati dan mencoba [mendengar, melihat, membaca] serta menanya berdasarkan rasa ingin tahu secara kritis tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, logis, dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas, logis, dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

Kompetensi Dasar merupakan kompetensi setiap mata pelajaran untuk setiap kelas yang diturunkan dari Kompetensi Inti. Kompetensi Dasar adalah konten atau kompetensi yang terdiri atas sikap, pengetahuan, dan ketrampilan yang bersumber pada kompetensi inti yang harus dikuasai peserta didik. Kompetensi tersebut dikembangkan dengan memperhatikan karakteristik peserta didik, kemampuan awal, serta ciri dari suatu mata pelajaran. Mata pelajaran sebagai sumber dari konten untuk menguasai kompetensi bersifat terbuka dan tidak selalu diorganisasikan berdasarkan disiplin ilmu yang sangat berorientasi hanya pada filosofi esensialisme dan perenialisme. Mata pelajaran dapat dijadikan organisasi konten yang dikembangkan dari berbagai disiplin ilmu atau non disiplin ilmu yang diperbolehkan menurut filosofi rekonstruksi sosial, progresif atau pun humanisme. Karena filosofi yang dianut dalam kurikulum adalah eklektik seperti dikemukakan di bagian landasan filosofi maka nama mata pelajaran dan isi mata pelajaran untuk kurikulum yang akan dikembangkan tidak perlu terikat pada kaedah filosofi esensialisme dan perenialisme.

Kompetensi Dasar merupakan kompetensi setiap mata pelajaran untuk setiap kelas yang diturunkan dari Kompetensi Inti. Kompetensi Dasar SD/MI untuk setiap mata pelajaran tercantum pada Lampiran 1A s.d. Lampiran 9 yang mencakup: Pendidikan Agama dan Budi Pekerti, PPKn, Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS, Seni Budaya dan Prakarya, dan Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan, serta Daftar Tema dan Alokasi Waktunya.

BAB IV

PEMBELAJARAN TEMATIK INTEGRATIF



Kurikulum SD/MI menggunakan pendekatan pembelajaran tematik integratif dari kelas I sampai kelas VI. Pembelajaran tematik integratif merupakan pendekatan pembelajaran yang mengintegrasikan berbagai kompetensi dari berbagai mata pelajaran ke dalam berbagai tema.

Pengintegrasian tersebut dilakukan dalam dua hal, yaitu integrasi sikap, keterampilan dan pengetahuan dalam proses pembelajaran dan integrasi berbagai konsep dasar yang berkaitan. Tema merajut makna berbagai konsep dasar sehingga peserta didik tidak belajar konsep dasar secara parsial. Dengan demikian pembelajarannya memberikan makna yang utuh kepada peserta didik seperti tercermin pada berbagai tema yang tersedia.

Dalam pembelajaran tematik integratif, tema yang dipilih berkenaan dengan alam dan kehidupan manusia. Untuk kelas I, II, dan III, keduanya merupakan pemberi makna yang substansial terhadap mata pelajaran PPKn, Bahasa Indonesia, Matematika, Seni-Budaya dan Prakarya, serta Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan. Di sinilah Kompetensi Dasar dari IPA dan IPS yang diorganisasikan ke mata pelajaran lain memiliki peran penting sebagai pengikat dan pengembang Kompetensi Dasar mata pelajaran lainnya.

Dari sudut pandang psikologis, peserta didik belum mampu berpikir abstrak untuk memahami konten mata pelajaran yang terpisah kecuali kelas IV, V, dan VI sudah mulai mampu berpikir abstrak. Pandangan psikologi perkembangan dan Gestalt memberi dasar yang kuat untuk integrasi Kompetensi Dasar yang diorganisasikan dalam pembelajaran tematik. Dari sudut pandang transdisciplinarity maka pengotakan konten kurikulum secara terpisah ketat tidak memberikan keuntungan bagi kemampuan berpikir selanjutnya.





KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR

PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI

SEKOLAH DASAR (SD)/MADRASAH IBTIDAIYAH (MI)


KELAS: I

KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
1.           Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.

1.1       Berdoa sebelum dan sesudah belajar sebagai bentuk pemahaman terhadap Q.S. Al-Fatihah
1.2       Meyakini adanya Allah SWT yang Maha Pengasih dan Maha Pengayang.
1.3       Mensyukuri karunia dan pemberian sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Fatihah dan Q.S. Al-Ikhlas
1.4       Bersuci sebelum beribadah
1.5       Membaca Basmalah setiap memulai aktivitas
2.           Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
2.1       Memiliki perilaku bersih badan, pakaian, barang-barang, dan tempat sebagai implementasi pemahaman makna bersuci
2.2       Memiliki perilaku kasih sayang kepada sesama sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Fatihah dan  Al-Ikhlas
2.3       Memiliki perilaku hormat  dan patuh kepada orangtua, guru dan sesama anggota keluarga sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Fatihah dan Q.S. Al-Ikhlas
2.4       Memiliki perilaku rajin belajar sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-’Alaq ayat 1 s.d. 5
2.5       Memiliki sikap pemaaf sebagai implementasi dari pemahaman kisah keteladanan Nabi Muhammad SAW
3.           Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
3.1       Mengenal pesan-pesan yang terkandung di dalam Q.S Al Fatihah, Al Ikhlas dan Al ‘Alaq ayat 1 s.d. 5
3.2       Mengenal keesaan Allah SWT berdasarkan pengamatan terhadap dirinya dan makhluk ciptaan-Nya yang dijumpai di sekitar rumah dan  sekolah
3.3       Mengenal makna Asmaul Husna: Ar-Rahman, Ar-Rahim, Al-Malik
3.4       Mengenal makna dua kalimat syahadat sebagai bagian dari rukun Islam yang pertama
3.5       Mengenal makna doa sebelum dan sesudah belajar
3.6       Mengenal tata cara bersuci
3.7       Mengenal shalat dan kegiatan agama yang dianutnya di sekitar rumahnya melalui pengamatan
3.8       Mengenal kisah keteladanan Nabi Adam A.S
3.9       Mengenal kisah keteladanan Nabi Idris A.S
3.10   Mengenal kisah keteladanan Nabi Nuh A.S
3.11   Mengenal kisah keteladanan Nabi Hud a.s
3.12   Mengetahui kisah keteladanan Nabi Muhammad SAW
4.           Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
4.1       Melafalkan  huruf-huruf hijaiyyah dan harakatnya secara lengkap
4.2       Melafalkan Asmaul Husna: Ar-Rahman, Ar-Rahim, Al-Malik
4.3       Melafalkan dua kalimat syahadat dengan benar dan jelas
4.4       Melafalkan Q.S. Al-Fatihah dan Q.S. Al-Ikhlas dengan benar dan jelas
4.5       Melafalkan doa sebelum dan sesudah belajar dengan benar dan jelas.
4.6       Menunjukkan hafalan Q.S. Al-Fatihah dan Q.S. Al-Ikhlas dengan benar dan jelas
4.7       Menceritakan contoh perilaku kasih sayang sesama teman dalam kehidupan sehari-hari
4.8       Mempraktekkan tata cara bersuci
4.9       Menceritakan kegiatan agama yang dianutnya di sekitar rumahnya
4.10   Menceritakan  kisah keteladanan Nabi Adam A.S
4.11   Menceritakan kisah keteladanan Nabi Idris A.S
4.12   Menceritakan kisah keteladanan Nabi Nuh A.S
4.13   Menceritakan kisah keteladanan Nabi Hud a.s
4.14   Menceritakan kisah keteladanan Nabi Muhammad SAW


KELAS: II

KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
1.           Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
1.1       Berwudhu sebelum shalat
1.2       Melaksanakan shalat sebagai wujud dari pemahaman rukun Islam
1.3       Berdo’a sebelum dan sesudah makan
1.4       Meyakini adanya Allah SWT Yang Maha Mencipta segala yang ada di alam.
2.           Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
2.1       Menunjukkan perilaku disiplin sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-’Ashr
2.2       Menunjukkan perilaku hidup sehat sebagai implementasi dari pemahaman makna berwudhu
2.3       Menunjukkan sikap peduli terhadap sesama sebagai implementasi dari pemahaman kisah keteladanan Nabi Muhammad SAW
3.           Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah  
3.1       Mengetahui keesaan Allah SWT Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang, dan Maha Suci berdasarkan pengamatan terhadap dirinya dan makhluk ciptaan-Nya yang dijumpai di sekitar rumah dan sekolah
3.2       Mengenal makna Asmaul Husna: Al-Quddus, As-Salam, Al-Khaliq
3.3       Mengenal hadits yang terkait dengan anjuran menuntut ilmu
3.4       Mengenal hadits yang terkait dengan perilaku hidup bersih dan sehat 
3.5       Mengenal makna kandungan Q.S. Al ‘Ashr
3.6       Mengenal tata cara shalat dan bacaannya
3.7       Mengenal do’a sebelum dan sesudah wudhu
3.8       Mengenal makna do’a sebelum dan sesudah makan
3.9       Mengetahui kisah keteladanan Nabi Shaleh A.S
3.10   Mengetahui kisah keteladanan Nabi Luth A.S
3.11   Mengetahui kisah keteladanan Nabi Ishaq A.S
3.12   Mengetahui kisah keteladanan Nabi Ya’qub a.s
3.13   Mengetahui kisah keteladanan Nabi Muhammad SAW
4.           Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
4.1       Melafalkan huruf hijaiyyah bersambung sesuai dengan makhorijul huruf.
4.2       Melafalkan Q.S. An-Nas  dan Al ‘Ashr dengan benar dan jelas
4.3       Menunjukkan hafalan Q.S. An-Nas  dan Al ‘Ashr dengan benar dan jelas
4.4       Mencontohkan perilaku hidup bersih dan sehat sebagai implementasi dari pemahaman makna hadits tentang kebersihan dan kesehatan
4.5       Mempraktekkan wudhu dan do’anya dengan tertib dan benar
4.6       Memperaktekkan shalat dengan tata cara dan bacaan yang benar
4.7       Menceritakan kisah keteladanan Nabi Shaleh A.S
4.8       Menceritakan kisah keteladanan Nabi Luth A.S
4.9       Menceritakan kisah keteladanan Nabi Ishaq A.S
4.10   Menceritakan kisah keteladanan Nabi Ya’qub a.s
4.11   Menceritakan kisah keteladanan Nabi Muhammad SAW


KELAS: III

KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
1.           Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
1.1       Melaksanakan shalat secara tertib sebagai wujud dari pemahaman Q.S. al-Kautsar
1.2       Berdzikir dan berdoa setelah selesai shalat sebagai wujud dari pemahaman Q.S. al-Kautsar
1.3       Meyakini adanya Allah SWT Maha Mengetahui, Maha Melihat dan Maha Mendengar.
2.           Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, tetangga, dan guru.
2.1       Memiliki perilaku peduli terhadap sesama sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al Kautsar.
2.2       Memiliki sikap disiplin dan tertib sebagai implementasi pemahaman makna ibadah shalat.
2.3       Memiliki perilaku tawadlu, Ihlas, dan tanggungjawab sebagai implementasi dari pemahaman sifat Allah qiyamuhu binafsihi, wahdaniyat, Qudrah dan Iradah
2.4       Memiliki sikap jujur sebagai implementasi dari pemahaman kisah keteladanan  Nabi Muhammad SAW
2.5       Memiliki sikap rasa ingin tahu, sabar, rela berkorban, hormat dan patuh kepada orangtua sebagai implementasi dari pemahaman kisah keteladanan Nabi Ibrahim A.S dan Nabi Ismail A.S
3.           Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain
3.1       Mengetahui keesaan Allah Yang Maha Pencipta berdasarkan pengamatan terhadap dirinya dan makhluk ciptaanNya yang dijumpai di sekitar rumah dan sekolah.
3.2       Mengetahui makna Asmaul Husna: Al-Wahab, Al-‘Alim, As-Sami’
3.3       Mengetahui hadits yang terkait dengan perilaku mandiri, percaya diri, dan tanggung jawab
3.4       Mengerti makna shalat sebagai wujud dari pemahaman Q.S. al-Kautsar
3.5       Mengerti makna dzikir dan doa setelah shalat
3.6       Mengetahui hikmah ibadah shalat melalui pengamatan dan pengalaman di rumah dan sekolah
3.7       Mengetahui kisah keteladanan Nabi Yusuf A.S
3.8       Mengetahui kisah keteladanan Nabi Syu’aib A.S
3.9       Mengetahui kisah keteladanan Nabi Ibrahim A.S dan Nabi Ismail A.S (rasa ingin tahu, sabar, dan rela berkorban, hormat dan patuh kepada orangtua)
3.10   Mengetahui sikap percaya diri dan kemandirian  sebagai wujud dari keteladanan nabi
4.           Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
4.1       Membaca kalimat-kalimat dalam Al-Qur’an dengan benar
4.2       Menulis huruf hijaiyyah dalam Al-Qur’an dengan benar
4.3       Menunjukkan hafalan Q.S. An-Nashr dan Al-Kautsar dengan lancar
4.4       Mencontohkan perilaku tawadlu, ihlas, dan mohon petolongan sebagai implementasi dari pemahaman sifat Allah qiyamuhu binafsihi, wahdaniyat, Qudrah dan Iradah
4.5       Mempraktikkan tata cara shalat, dzikir,  dan doa setelah shalat secara benar
4.6       Menceritakan pelaksanaan ibadah shalat di sekitar rumah dan sekolah
4.7       Menceritakan kisah keteladanan Nabi Yusuf A.S
4.8       Menceritakan kisah keteladanan Nabi Syu’aib A.S
4.9       Menceritakan kisah keteladanan Nabi Ibrahim A.S dan Nabi Ismail A.S
4.10   Menceritakan kisah keteladanan Nabi Muhammad SAW


KELAS: IV

KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
1.            Menerima, menghargai, dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
1.1        Melaksanakan shalat secara tertib sebagai wujud dari penghambaan diri kepada Allah SWT.
1.2       Mengamalkan  kebajikan kepada sesama manusia sebagai implementasi dari pemahaman ibadah shalat
1.3       Menghindari perilaku tercela sebagai implementasi dari pemahaman ibadah shalat
1.4       Meyakini keberadaan malaikat-malaikat Allah SWT
1.5       Meyakini adanya Rasul-Rasul Allah SWT
2.            Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, tetangga, dan guru
2.1       Memiliki sikap yang dipengaruhi oleh keimanan kepada para malaikat Allah SWT yang tercermin dari perilaku kehidupan sehari-hari.
2.2       Memiliki sikap santun dan menghargai teman, baik di rumah, sekolah, dan di masyarakat sekitar.
2.3       Memiliki sikap amanah sebagai implementasi dari pemahaman kisah keteladan  Nabi Muhammad SAW
2.4       Memiliki sikap pantang menyerah sebagai implementasi dari kisah keteladanan Nabi Musa A.S
3.           Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain
3.1       Mengetahui Allah itu ada melalui pengamatan terhadap makhluk ciptaan-Nya di sekitar rumah dan sekolah.
3.2       Mengerti makna iman kepada malaikat-malaikat Allah berdasarkan pengamatan terhadap dirinya dan alam sekitar.
3.3       Mengerti makna Asmaul Husna: Al-Bashir, Al-‘Adil, Al-‘Adhim
3.4       Memahami makna bacaan sholat
3.5       Mengetahui kisah keteladan Nabi Ayyub a.s.
3.6       Mengetahui kisah keteladan Nabi Dzulkifi  a.s.
3.7       Mengetahui kisah keteladan Nabi Harun a.s.
3.8       Mengetahui kisah keteladan Nabi Musa A.S
3.9       Mengetahui kisah keteladan wali-wali Allah
3.10   Mengetahui sikap santun dan menghargai sesama dari Nabi Muhammad SAW
4.            Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
4.1       Membaca Q.S. Al Falaq, Al-Ma’un dan Al-Fil dengan tartil
4.2       Menulis kalimat-kalimat dalam Al Falaq, Al-Ma’un dan Al-Fil dengan benar
4.3       Menunjukkan hafalan Q.S. Al Falaq, Al Ma’un dan  Al-Fil dengan lancar.
4.4       Mencontohkan sikap santun dan menghargai teman, baik di rumah, sekolah, dan di masyarakat sekitar
4.5       Menceritakan pengalaman  melaksanakan shalat di rumah, atau di masjid lingkungan sekitar rumah.
4.6       Menceritakan kisah keteladan Nabi Ayyub a.s.
4.7       Menceritakan kisah keteladan Nabi Dzulkifi a.s.
4.8       Menceritakan kisah keteladan Nabi Harun a.s.
4.9      Menceritakan kisah keteladanan Nabi Musa A.S
4.10   Menceritakan kisah keteladanan wali-wali Allah


KELAS: V

KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
1.           Menerima, menghargai, dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
1.1       Membaca al-qur’an dengan tartil.
1.2       Menyakini Al-Qur’an sebagai kitab suci terakhir dan menjadikannya sebagai pedoman hidup
1.3       Melaksanakan kewajiban puasa Ramadhan sebagai implementasi dari pemahaman rukun Islam
1.4       Melaksanakan shalat  tarawih dan tadarus Al Quran di bulan Ramadhan sebagai wujud ketaatan kepada Allah dan rasul Nya
2.           Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, percaya diri, dan cinta tanah air dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, tetangga, dan guru
2.1       Memiliki sikap suka menolong sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Insyirah
2.2       Memiliki sikap saling mengingatkan dalam kebajikan sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. At Tiin
2.3       Memiliki sikap sabar dan pengendalian diri sebagai implementasi dari pemahaman puasa Ramadhan
2.4       Memiliki sikap tabligh sebagai implementasi dari pemahaman kisah keteladan  Nabi Muhammad SAW
3.           Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati dan mencoba [mendengar, melihat, membaca] serta menanya berdasarkan rasa ingin tahu secara kritis tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain .
3.1       Mengenal nama-nama Rasul Allah SWT dan Rasul Ulul Azmi
3.2       Memahami makna diturunkannya kitab-kitab suci melalui rasul-rasul-Nya sebagai implementasi rukun iman
3.3       Mengetahui makna Q.S. At-Tin dan Al-Insyirah dengan benar
3.4       Mengerti makna Asmaul Husna: Al-Mumit, Al-Hayy, Al-Qayum, Al-Ahad
3.5       Mengetahui hikmah puasa Ramadhan yang dapat membentuk akhlak mulia
3.6       Mengetahui kisah keteladanan Nabi Dawud a.s.
3.7       Mengetahui kisah keteladanan Nabi Sulaiman a.s.
3.8       Mengetahui kisah keteladanan Nabi Ilyas a.s.
3.9       Mengetahui kisah keteladanan Nabi Ilyasa’ a.s.
3.10   Mengetahui kisah keteladanan Luqman sebagaimana terdapat dalam Al Qur’an
4.           Menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
4.1       Membaca Q.S. At-Tin dan Al-Insyirah dengan baik dan benar
4.2       Menulis kalimat-kalimat dalam Q.S. At-Tin dan Al-Insyirah dengan baik dan benar
4.3       Menunjukkan hafalan Q.S. At-Tin dan Al-Insyirah dengan baik dan benar
4.4       Mencontohkan perilaku saling mengingatkan dalam hal kebajikan sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. At Tin
4.5       Mencontohkan perilaku suka menolong sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Insyirah


KELAS: VI


KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
1.           Menerima, menghargai, dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
1.1       Membaca al-Qur’an dengan tartil.
1.2       Meyakini adanya Hari Akhir sebagai implementasi dari pemahaman Rukun Iman
1.3       Menyakini adanya Qadha dan Qadar
1.4       Menunaikan kewajiban berzakat sebagai implementasi dari pemahaman rukun Islam
1.5       Berinfaq sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Maidah ayat 2
1.6       Bersedekah sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Maidah ayat 2
2.           Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, percaya diri, dan cinta tanah air dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, tetangga, dan guru.
2.1       Memiliki sikap toleran dan simpati kepada sesama sebagai implemantasi dari pemahaman isi kandungan Q.S. Al Kafirun dan Q.S. Al-Maidah ayat 2
2.2       Memiliki perilaku yang mencerminkan iman kepada Hari Akhir
2.3       Memiliki perilaku yang mencerminkan iman kepada Qadha dan Qadar
2.4       Memiliki sikap fathonah sebagai implementasi dari pemahaman kisah Nabi Muhammad SAW
3.           Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati dan mencoba [mendengar, melihat, membaca] serta menanya berdasarkan rasa ingin tahu secara kritis tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
3.1       Mengetahui  makna  Q.S.  Al-Kafirun  dan Al-Maidah ayat 2 dengan benar
3.2       Mengerti makna Asmaul Husna: Ash-Shamad, Al-Muqtadir, Al-Muqadim, al-Baqi
3.3       Memahami hikmah beriman kepada Hari Akhir yang dapat membentuk perilaku akhlak mulia
3.4       Memahami hikmah beriman kepada Qadha dan Qadar  yang dapat membentuk perilaku akhlak mulia
3.5       Memahami hikmah zakat , infaq dan sedekah sebagai implementasi dari rukun Islam
3.6       Mengetahui kisah keteladanan Nabi Yunus a.s.
3.7       Mengetahui kisah keteladanan Nabi Dzakariya a.s.
3.8       Mengetahui kisah keteladanan Nabi Yahya a.s.
3.9       Mengetahui kisah keteladanan Nabi Isa
3.10   Mengetahui kisah Nabi Muhammad SAW
3.11   Mengetahui kisah keteladanan sahabat-sahabat Nabi Muhammad SAW
3.12   Mengetahui kisah keteladanan Ashabul Kahfi sebagaimana terdapat dalam Al-Qur’an
4.           Menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
4.1       Membaca Q.S. Al-Kafirun dan Al-Maidah ayat 2  dengan jelas dan benar
4.2       Menulis  Q.S.  Al-Kafirun dan Al-Maidah ayat 2   dengan benar
4.3       Menyebutkan arti  Q.S.  Al-Kafirun  dan Al-Maidah ayat 2 dengan benar
4.4       Mencontohkan perilaku toleran dan simpati sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al Kafirun dan Q.S. Al-Maidah ayat 2
4.5       Menunjukkan contoh Qadha dan Qadar dalam kehidupan sehari-hari sebagai implementasi dari pemahaman rukun Iman

No comments:

Post a Comment